Tidak Pede karena Komedo? Lakukan Treatment Gampang Ini untuk Menghempaskan Komedo di Wajah

Tidak Pede karena Komedo? Lakukan Treatment Gampang Ini untuk Menghempaskan Komedo di Wajah

Tidak Pede karena Komedo Anda? Ini Solusi untuk Menghempaskan Komedo di Wajah--

RADAR TEGAL – Komedo akan tampak seperti bintik putih atau hitam yang bila dilihat dari jarak dekat akan sangat kelihatan. Tentu Anda akan terganggu dan ingin segera menghempaskan komedo di wajah Anda.

Kini Anda dapat menggunakan bahan alami untuk menghilangkan komedo. Beberapa bahan alami untuk menghempaskan komedo di wajah seperti gula, tomat, bubuk kopi dan lainnya.

Cara cepat untuk menghempaskan komedo di wajah bisa menggunakan masker atau scrub yang terbuat dari bahan alami. Metode ini cukup efektif untuk membantu mengusir sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah.

Komedo adalah kotoran dari sel kulit mati dan minyak yang menempel pada permukaan kulit. Satu-satunya solusi untuk masalah ini tidak lain adalah menghempaskan komedo di wajah Anda.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami, Cuma Pakai Bahan-bahan Ini Bisa Langsung Hilang

Tips untuk menghempaskan komedo di wajah dengan bahan alami

1. Oatmeal

Dalam studi Journal of Drugs in Dermatology menyebutkan, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi. Antiinflamasi membantu mengurangi iritasi serta menenangkan kulit.

Oatmeal juga mengelola berbagai masalah kulit termasuk komedo dan jerawat. Caranya dengan campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan minyak zaitun, 3 sendok makan yoghurt.

Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Air Perasan Lemon dan Putih Telur

Cara menghempaskan komedo di wajah berikutnya dengan menggunakan masker berbahan putih telur. Campurkan putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon.

BACA JUGA: Kenali Manfaat Concealer ESQA Mampu Samarkan Flek Hitam dan Komedo pada Wajah!

Oleskan pada wajah, tunggu selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Minyak Zaitun dan Gula

Gula dapat Anda manfaatkan untuk menghempaskan komedo di wajah. Campurkan 3 sendok makan minyak zaitun dengan 1 cangkir gula putih.

Gunakan sebagai scrub, lakukan cara ini seminggu 1 kali.

4. Baking Soda

Faktanya, tak sedikit orang menggunakan baking soda sebagai bahan dasar masker untuk menghempaskan komedo di wajah. Baking soda membantu menetralkan ketidakseimbangan pH kulit.

Bahan ini bekerja sebagai pengelupas minyal, kotoran, dan sel kulit mati. Pastikan kulit Anda tidak sensitive untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul.

BACA JUGA: Cara Melakukan CSM dalam Memakai Skincare, Tips Perawatan Wajah Cepat Glowing ala Jepang

5. Tea Tree Oil

Oleskan bahan ini pada bagian wajah yang rentan berminyak, seperti dagu, hidung, dan dahi. Tea tree oil bekerja dengan membunuh bakteri penyebab komedo dan meningkatkan Kesehatan kulit.

6. Lemon, Garam dan Madu

Campuran ketiga bahan ini bisa dijadikan sebagai scrub untuk membantu mengusir komedo pada permukaan kulit wajah.

Tiga bahan tersebut secara aktif membunuh kuman dan menghilangkan minyak penyebab masalah kulit.

7. Kayu Manis dan Lemon

Kayu manis berperan untuk mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Sementara itu, kandungan antibakteri bermanfaat untuk mencegah komedo dan jerawat muncul lagi.

Caranya dengan campurkan air perasan lemon dengan 2 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah, biarkan selama 20 menit kemudian bilas.

BACA JUGA: Flek Hitam Auto Hilang! 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Wajah, Nomor 2 Cocok untuk Usia Lanjut

8. Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C dan A yang membantu mengecilkan pori-pori, menyerap minyal, dan mencerahkan kulit. Lumatkan 1 buah tomat dan usapkan ke seluruh wajah. Biarkan hingga kering kemudian bilas.

9.Clay Mask

Disebut juga masker tanah liat yang efektif menyerap minyak berlebih pada wajah. Bahan ini membantu membersihkan pori-pori wajah sehingga masalah komedo bisa teratasi.

10. Bubuk Kopi

Campurkan ½ cangkir bubuk kopi dengan ½ cangkir minyak kelapa. Aduk sampai bertekstur pasta dan oleskan pada kulit wajah.

Biarkan selama 5 menit kemudian bilas. Perlu diingat, apakah kulit Anda tidak alergi dengan bubuk kopi sebelum menggunakan cara ini.

11. Lidah Buaya

Dalam jurnal ilmiah Frontiers Media SA menyebutkan lidah buaya sangat baik untuk mengatasi masalah kulit berjerawat dan komedo. Kandungan zinc pada tanaman bekerja untuk membersihkan sekaligus mengecilkan pori-pori.

BACA JUGA: Yuk Simak! Manfaat dan Efek Samping Lemon untuk Perawatan Wajah

12. Pepaya

Mengandung vitamin A, C, dan E sehingga mampu menghempaskan semua komedo secara efektif.

Caranya lumatkan buah pepaya yang sudah matang dan oleskan sebagai masker wajah. Kemudian cuci sampai bersih.

Kesimpulan

Demikian tips menghempaskan komedo di wajah, yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: