5 Bahaya Menggunakan Jasa Gestun, Nekat! Tanggung Resikonya

5 Bahaya Menggunakan Jasa Gestun, Nekat! Tanggung Resikonya

Bahaya Menggunakan Jasa Gestun.--

RADAR TEGAL – Gesek tunai (Gestun) Paylater merupakan sebuah layanan yang  akhir-akhirini mulai mencuri perhatian di kalangan masyarakat. Berikut ini bahaya menggunakan jasa gestun yang perlu Anda ketahui.

Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengonfirmasi bahwa tindakan tersebut merupakan ilegal. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bahaya menggunakan jasa gestun.

Dengan mengetahui bahaya menggunakan jasa gestun berikut ini, maka bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang akan menggunakan layanan gestun.

Penasaran dengan bahaya menggunakan jasa gestun? Simak artikel berikut ini hingga tuntas agar anda tidak gagal paham.

Bahaya Menggunakan Jasa Gestun

 

1. Jasa gestun melanggar hukum dan ketentuan yang sudah berlaku

Bahaya menggunakan jasa gestun pertama yakni melanggar hukumdan regulasi yang sudah  berlaku. Menggesektunai dan paylater tanpa izin atau perjanjian tertulisdengan penyedia kredit atau lembaga keuangan merupakan tindakan ilegal.

Hal tersebut dapat menyebabkan Anda  tersanding dalam masalah hukum yang serius.

BACA JUGA: Ketahui Cara Mencairkan Paylater Akulaku Mulai dari Gestun hingga QRIS!

2. Pemblokiran limit  paylater

Apabila Anda terlibat dalam penggunaan jasa gestun paylater, maka penyedia layanan paylater mungkin akan mengambil tindakan tegas, lho.

Sebab, Mereka  bisa saja memblokir atau membatasi  limit paylater Anda. Hal ini  berarti Anda  tidak  bisa menggunakan layanan paylater dengan baik, oleh karena itu akan berisiko pemblokiran limit paylater.

3. Jasa gestun dapat berisiko penyalahgunaan data pribadi

Tahukah Anda bahwa Gestun Paylater ternyata juga berpotensi  membahayakan data pribadi Anda. Anda mungkin harus memberikan informasi pribadi dan rahasia kepada joki  yang menawarkan jasa ini.

Adapun penyalahgunaan data pribadi sendiri dapat mengakibatkan masalah privasi yang seriues

BACA JUGA: Harus Lebih Waspada, Kenali Resiko Gestun Shopee Paylater Ternyata Bisa Berujung Kerugian

4. Terjebak utang

Dengan menggunakan jasa gestun maka berisiko terjebak dalam utang yang tidak terkendali. Jadi, ketika Anda mengambil uang tunai melalui layanan ini, maka Anda harus mengemblaikan beserta bunganya.

Namun, apabila Anda tidak dapat melakukannya tepat waktu, maka utang Anda akan terus  bertambah. Serta berpotensi menimbulkan masalah keuangan yang serius.

5. Jasa gestun dapat menimbulkan skor kredit buruk

Risiko  yang satu ini berkaitan ddengan poin sebelumnya, yakni apabila Anda gagal membayar utang paylater  yang muncul dari tindakan Gestun ini, maka dapat merusak  skor kredit  Anda.

Perlu Anda ingat bahwa skor kredit yang buruk dapat berdampak pada kemampuan Anda untuk bisa mendapatkan pinjaman atau  kredit di masa mendatang.

BACA JUGA: Kenali 4 Resiko Gestun Paylater, Simpel tapi Kadang Merugikan

OJK sendiri  diketahui  telah mengeluarkan peringatan tegas kepada masyarakat untuk tidak terlibat dalam modus  penipuan seprti Gestun Paylater. Tidak hanya  itu, Mereka juga menegaskan bahwa tindakan gestun paylater tersebut merupakan tindakan ilegal dan penuh risiko.

Mengenal Gesek Tunai (Gestun)

Gestun (gesek tunai) merupakan sebuah cara yang bisa menjadisolusi bagi  pemilik kartu yang ingin mendapatkan uang  tunai tanpa harus  pergi ke ATM.

Dengan cara tersebut, nasabah pemilik kartu kredit hanya perlu datang ke gerai atau toko tertentu  yang mempunyai mesin gesek atau kartu kredit. Metode gestun ini, bisa menarik tunai melalui kartu kredit.

BACA JUGA: Kenali 4 Resiko Gestun Paylater, Simpel tapi Kadang Merugikan

Dengan gesek tunai, pengguna bisa melakukan belanja di gerai atau toko tersebut. Namun yang didapat bukan suatu barang melainkan uang tunai.

Namun perlu Anda ingat bahwa gesek tunai menggunakan kartu kredit atau gestun ternyata dilarang keras  oleh pihak Bank Indonesia, lho. Meskipun cara ini mempunyai banyak nilai lebih dan kemudahan yang diberikan kepada para nasabah.

Namun, Bank Indonesia menduga akan adanya banyak kerugian yang terjadi bagi nasabah, bank sebagai pemberi kartu kedit  dan juga negara.

Gestun memang dapat menarik yang dengan cepat dan mudah. Namun, masih banyak orang yang idak menyadari apabila gestun juga memiliki risiko dan juga berpotensi  berbahaya.

Kini, sudah banyak modus penipuan yang terjadi akibat penyalahgunaan transaksi gesek tunai oleh oknum yang  tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: Tak Perlu Gunakan Jasa Gestun, Ini Cara Cairkan Limit Shopee Spaylater ke Rekening

Dengan mengetahui risiko menggunakan jasa  gestun di atas. Maka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang berencana menggunakan layanan  tersebut, ya.

Demikian ulasan mengenai bahaya menggunakan jasa gestun. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: