Jangan Asal Beli, Ini 6 Cara Memilih AC Portable yang Tepat Agar Sesuai dengan Kebutuhan di Rumah

Jangan Asal Beli, Ini 6 Cara Memilih AC Portable yang Tepat Agar Sesuai dengan Kebutuhan di Rumah

Cara memilih AC portable seusia dengan kebutuhan di rumah--

RADAR TEGAL - Seperti kita tahu AC portable ini dapat mendinginkan ruangan dan mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Jika Anda tertarik untuk membelinya mesti tahu cara memilih AC portable terlebih dahulu.

 

Dengan mengetahui cara memilih AC portable ini supaya sesuai dengan kebutuhan yang ada di rumah. Dengan begitu Anda tidak merasa menyesal membeli AC portable di kemudian hari.

 

Lalu bagaimana cara memilih AC portable? Mari kita bahas secara lengkap di dalam artikel kali ini.

 

Karena di dalam artikel ini akan memberikan informasi untuk Anda cara memilih AC portable. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

BACA JUGA: 7 Rekomendasi AC yang Punya Fitur Anti Bakteri, Ada Merk Samsung hingga LG

1.Kapasitas dan daya pendinginan

 

Kapasitas pendinginan mengacu pada peringkat BTU unit AC. Peringkat BTU (British Thermal Unit) menunjukkan seberapa besar daya pendinginan yang dapat dihasilkan AC portable dalam satu jam, yang memengaruhi seberapa efektif AC dapat mendinginkan rumah Anda.

 

Idealnya, Anda harus memiliki setidaknya 20 BTU  untuk setiap kaki persegi ruangan yang ingin Anda dinginkan. Untuk ruangan yang lebih kecil mungkin hanya memerlukan beberapa ratus BTU, tetapi untuk ruangan yang lebih besar, Anda memerlukan AC portable yang dapat memberikan lebih banyak daya dan menjaga suasana tetap sejuk dengan tingkat BTU yang lebih tinggi.

 

2. Ukuran AC portable

 

Ukuran unit AC portable yang Anda pilih tergantung pada ukuran ruangan yang nantinya perangkat tersebut akan diletakkan.  Perlu diingat  bahwa AC portable yang berukuran lebih besar akan mendingin lebih cepat tetapi mungkin lebih keras dan kurang hemat energi dibandingkan model yang lebih kecil.

 

3. Portabilitas

 

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ukuran, dimensi, dan berat jika Anda berencana menggunakan unit AC portable di lebih banyak tempat selain di rumah. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah memindahkan perangkat dari satu tempat ke tempat lainnya.

BACA JUGA:Selalu Dapat Rating 5, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan AC Portable Sharp yang Laris Manis di Online shop

4.Penempatan

 

Cara Memilih AC Portable yang perlu diingat adalah penempatannya.  Anda dapat meletakkan beberapa unit AC  portable di lantai, sementara yang lain harus dipasang atau digantung di jendela

 

Pilihan Anda tergantung pada apa yang terbaik untuk ruangan Anda dan di mana Anda memiliki ruang untuk menampungnya.

 

5.Sistem Selang Ganda atau Selang Tunggal

 

Sistem selang yang digunakan unit AC portable Anda mempengaruhi efisiensinya secara keseluruhan. Sistem selang tunggal menarik udara panas dari luar dan mendinginkannya menggunakan kondensor.

 

Sedangkan sistem selang ganda menggunakan dua selang terpisah satu untuk membuang udara panas di luar dan satu lagi untuk mengalirkan udara dingin dari luar ruangan.Model selang ganda biasanya lebih mahal namun bekerja lebih efisien

 

Dan model selang tunggal bisa lebih murah namun menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan yang sama.

BACA JUGA: 5 Merk AC Portable Terbaik 2024, Punya Fitur Canggih dan Dinginkan Ruangan Lebih Cepat

6. Anggaran

 

Tergantung pada ukuran dan fitur yang Anda perlukan, harga AC portable dapat berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa juta. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan prioritas Anda terlebih dahulu sebelum mencari unit AC.

 

Sebagai informasi tambahan tentang AC portable ini  relatif terjangkau dan mudah dipasang, serta Anda dapat memindahkannya dari satu ruangan ke ruangan lain jika diperlukan.Ditambah lagi, unit portable tidak memerlukan instalasi permanen seperti AC dinding.

 

AC portable juga mudah dibawa bepergian, sehingga cocok untuk berkemah,  traveling dan lainnya. 

Menggunakan unit AC portable juga dapat menggunakan lebih sedikit energi, sehingga membantu menekan tagihan listrik Anda. Maka tak heran jika AC portable saat ini laris di pasaran.

BACA JUGA: 3 AC Portable Sharp Termurah Rp800 Ribu Cocok Untuk Pemasangan Ruangan Kecil, Kamar, Hingga Kantor

Demikian artikel terkait cara memilih AC portable. Semoga membantu dan bermanfaat yah. (*)

Sumber: