5 Fakta Unik Tegal, Sejarah Nama hingga Tradisi yang Menawan sampai Fenomena Ora Ngapak Ora Kepenak

5 Fakta Unik Tegal, Sejarah Nama hingga Tradisi yang Menawan sampai Fenomena Ora Ngapak Ora Kepenak

5 Fakta Unik Tegal--

Gerakan penari menciptakan ilusi bercumbu dengan seorang pangeran, didukung oleh musik gamelan, yang menghibur penonton. Tari Topeng Endel bahkan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah peserta terbanyak.

3. Tradisi Ruwat Bumi

Tradisi Ruwat Bumi Purwahamba Indah merupakan upacara adat tahunan di Kabupaten Tegal yang diisi dengan berbagai jenis hiburan. Acara ini diakhiri dengan pagelaran wayang semalam suntuk sebagai penutup. 

Salah satu keunikan dari tradisi ini adalah festival "Grebeg Klapa Ijo" yang melibatkan partisipasi masyarakat setempat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan dan permohonan perlindungan dari bencana.

BACA JUGA: Fakta Unik Tegal yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Julukan Bahari dan Jepangnya Indonesia

4. Sedekah Bumi Cacaban

Sedekah Bumi Cacaban adalah kegiatan tahunan di Waduk Cacaban yang melibatkan doa bersama, larung kepala kerbau, dan arak-arakan hasil bumi. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam melestarikan budaya daerah.

Selain itu budaya ini juga menjadi penunjukan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang diperoleh. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menarik pengunjung dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

5. Ragam Kuliner Lezat

Kabupaten Tegal juga terkenal dengan beragam kuliner khasnya, seperti Blendung, Rujak Teplak, Tahu Upil, dan lain-lain. Destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Tegal termasuk Pemandian Air Panas Guci, Gunung Batu, Pantai Purwahamba Indah, dan lain-lain. 

Dengan kekayaan budaya dan alamnya yang beragam, Kabupaten Tegal menawarkan pengalaman wisata yang menarik bagi para pengunjung. Demikianlah beberapa fakta unik Tegal, mulai dari sejarah dan asal usul nama hingga tradisinya yang masih terjaga. (*)

Sumber: