5 Fakta Unik Tegal, Sejarah Nama hingga Tradisi yang Menawan sampai Fenomena Ora Ngapak Ora Kepenak

5 Fakta Unik Tegal, Sejarah Nama hingga Tradisi yang Menawan sampai Fenomena Ora Ngapak Ora Kepenak

5 Fakta Unik Tegal--

RADAR TEGAL - Tegal merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang memiliki ragam keunikan. Fakta unik Tegal tidak terlepas dari letak wilayahnya yang berada di pesisir utara Jawa Tengah dan memiliki potensi kemaritiman yang beragam.

Sektor kelautan di Tegal sangat berkembang, dengan banyaknya masyarakat yang menggantungkan hidup dari kegiatan dan hasil laut. Salah satu fakta unik Tegal yang paling melekat yaitu julukannya sebagai Kota Bahari.

Kota Bahari merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah yang telah melekat sejak tahun 1950. Fakta unik Tegal inilah yang membuat kota tersebut semakin dikenal. 

Fakta unik Tegal

Tegal, sebuah kota kecil di Jawa Tengah ini terletak di tepi pantai utara Laut Jawa. Kota ini memiliki daya tarik wisata yang menarik bagi para wisatawan lokal.

BACA JUGA: Fakta Unik Tegal Laka Laka, Salah Satunya Asal Muasal Julukan Kota Bahari

Sudah pernah mencoba makan di warteg? Kalau iya, pasti penasaran dengan segala hal menarik yang ada di Tegal, kan? Selain warung kuliner yang terkenal ini, ada 5 fakta menarik tentang kota Tegal yang wajib kamu ketahui berikut ini:

1. Sejarah Tegal dan Asal Usul di Balik Namanya

Sejarah Tegal dimulai pada tahun 1530, ketika sebuah desa bernama Teteguall, yang merupakan bagian dari Kabupaten Pemalang dan diakui sebagai trah Pajang, berada di wilayah tersebut. Nama "Tegal" berasal dari kata "Tetegal," yang mengacu pada tanah subur yang menghasilkan tanaman pertanian.

Ada juga sejarah yang menyatakan bahwa nama ini berasal dari "Teteguall," yang diberikan oleh Tome Pires, seorang pedagang Portugis pada abad ke-16. Kota ini juga dijuluki "Jepangnya Indonesia" karena munculnya industri pengecoran dan logam pada tahun 1940-an untuk memenuhi kebutuhan peralatan tentara Jepang.

Di samping itu, Tegal terkenal dengan minuman tehnya, yang dikenal sebagai "moci," dan telah menjadi bagian dari budaya sejak abad ke-17. Teh Slawi, yang diproduksi di Tegal, menjadi salah satu ikon kota.

BACA JUGA: Pokoke Laka Laka Wis, Berikut 4 Fakta Unik Tegal sang Kota Bahari yang Dijuluki Jepangnya Indonesia

2. Tari Topeng Endel

Salah satu kekayaan budaya Kabupaten Tegal adalah Tari Topeng Endel, yang hanya ditampilkan oleh perempuan karena sifatnya yang genit, gemulai, terampil, dan berani. Tarian ini dapat dilakukan secara individu maupun dalam bentuk kolosal di berbagai acara. 

Sumber: