Fakta Unik Tegal Laka Laka, Salah Satunya Asal Muasal Julukan Kota Bahari

Fakta Unik Tegal Laka Laka, Salah Satunya Asal Muasal Julukan Kota Bahari

PERHATIKAN - Fakta Unik Tegal Laka-laka--(sumber foto instagram @exploretegal)

RADAR TEGAL - Slogan yang dimiliki oleh Tegal, tidak lain berbunyi "Tegal Laka-laka" yang maksudnya Tegal tiada duanya. Sehubungan dengannya, artikel kali ini akan membahas mengenai fakta unik Tegal Laka-laka dalam beberapa hal.

Fakta unik Tegal Laka-laka sendiri juga menjadikannya mempunyai julukan sebagai Kota Bahari. Paling umum arti kata dari bahari adalah laut atau kelautan atau maritim, jadi mengenai Kota Bahari yaitu kota yang terletak dekat dengan laut.

Fakta unik Tegal Laka-laka salah satunya sebagai Kota Bahari selain letaknya berada di dekat pantai dan laut, sehingga menjadikan penduduknya juga bekerja sebagai nelayan. Namun, Tegal juga dijuluki sebagai Kota Bahari sebab sesuai dengan singkatan kata dari bahari yaitu bersih, aman, hijau, asri, rapi, dan indah.

Tegal juga merupakan daerah yang bersih, aman, hijau, asri, rapi, dan indah. Lebih lanjut untuk mengetahui fakta unik Tegal Laka-laka lainnya dapat disimak di artikel ini hingga selesai.

BACA JUGA: Minuman Khas Tegal Bahari, Minuman Tradisional Pelepas Dahaga dan Segarkan Suasana

Apa itu Tegal Laka-laka

1. Asal-usul Nama Tegal

Tegal yang berasal dari kata Tetegal yang memiliki arti sawah, sehingga kata tersebut kerap digunakan untuk menyebut tanah yang subur. Di mana dengan tanah yang subur itu menghasilkan tanaman pertanian.

Sedangkan pada tahun 1500 dengan kedatangan Tome Pires dari Portugis yang saat itu singgah di Pelabuhan Tegal. Dengan arti yang sama menyebutnya Teteguall.

Masa lampau Tegal yang saat itu merupakan sebuah desa kecil yang letakanya dekat dengan muara Kali Gung. Serta diketahui menghasilkan hasil bumi khususnya pada bidang pertanian yang melimpah.

Kemudian, pertama kali Tegal dipimpin oleh tokoh pemuka agama yaitu Ki Gede Sebayu yang dengan ilmunya telah berhasil mengatur jalannya perairan atau Tetgalan. Kemudian disebut dengan Tegal.

2. Julukan Kota Bahari

Fakta unik Tegal Laka-laka yang sebelumnya telah dibahas sedikit di atas yaitu Tegal sebagai Kota Bahari. Apabila melihat geografis yang dimiliki oleh Tegal yaitu tidak hanya memiliki dataran tinggi, namun juga memiliki perairan yang cukup luas yaitu kelautan.

Sementara pertama kalinya Tegal mendapat julukan tersebut yaitu pada tahun 1950, sebab Tegal saat itu bahkan hingga kini terkenal dengan industri kapal yang lekat akan kemaritiman. Lokasi Tegal yang berada di pesisir laut Jawa menjadikan wilayah ini disebut sebagai Kota Bahari. 

Sumber: