3 Kisah yang Menjadi Asal Usul Sega Ponggol Tegal Terlahir, Konon Katanya Makanan Sisa yang Diolah Kembali

3 Kisah yang Menjadi Asal Usul Sega Ponggol Tegal Terlahir, Konon Katanya Makanan Sisa yang Diolah Kembali

3 Kisah yang Menjadi Asal Usul Sega Ponggol Tegal Terlahir, Konon Katanya Makanan Sisa yang Diolah Kembali--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Siapa sih warga tegal yang tidak tahu menahu mengenai sega ponggol. Yup kuliner yang paling hits dan merakyat di Tegal itu, rupanya memiliki asal-usul kelahiran yang sangat beragam. Berikut asal usul sega ponggol Tegal bisa Anda lihat di bawah ini.

Sega ponggol Tegal menjadi kuliner yang sudah ada sejak lama di kota maupun kabupaten Tegal. Adapun kuliner tersebut hingga sekarang tidak pernah bosan menjadi santapan para warga Tegal, baik dari kalangan muda hingga Tua.

Adapun kuliner Sega ponggol Tegal mudah ditemui di mana saja. Bahkan di pelosok desa, masih ada penjual yang menjual makanan khas Tegal ini dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di kota.

Namun, pernakah Anda sebagai warga Tegal yang baik dan bersih dari segala dosa mengetahui asal-usul sega ponggol Tegal. Nah, agar tidak penasaran, berikut adalah 3 versi asal usul sega ponggol khas Tegal yang dikutip dari beberapa sumber.

BACA JUGA:Sejarah Kupat Bongkok Tegal, Kuliner Lokal yang Melegenda dari Pantura

Asal usul kuliner sega ponggol khas Tegal

Sedikit mengenai sega ponggol, makanan ini memiliki variasi yang berbeda-beda tergantung dari mana daerahnya. Namun resep sega ponggol yang paling sempurna ialah yang paling komplit dengan sambal kacang yang nampol pedas.

Biasanya sega ponggol dibungkus dengan daun pisang, namun ada juga yang menggunakan kertas minyak. Ini juga tergantung dari bagamiana penjual mengolah makanannya. Namun, yang paling diminati adalah yang menggunakan daun pisang.

Sega ponggol Tegal yang enak juga umumnya memiliki kombinasi bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai (rawit atau biasa). Selain itu, penjual sega ponggol yang enak juga umumnya menyediakan gorengan tempe mendoan sebagai pendampingnya.

Nah usai mereview bagaimana sedapnya kuliner sega ponggol khas Tegal ini, mari kita bagas bagaimana makanan ini bisa tercipta. Menurup beberapa sumber yang kami kutip serta beberapa blog dan artikel yang membahas hal sama ada 3 versi yang menyebutkan asal usul makanan ini.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Kuliner Tegal Malam Hari yang Murah, dari Mulai Sate Kambing hingga Ponggol Setan

Versi Pertama

Versi pertama tentang asal usul sega ponggol Tegal adalah, konon makanan adalah makanan sisa yang diolah kembali. Hal ini berbapucu pada kebiasaan warga Tegal yang gemar memanfaatkan sisa makanan.

Nasi sisa yang dicampur dengan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih dan cabai tersebut dicampur dan kemudian dibungkus. Nah menariknya setelah dibungkus nasi tersebut kemudian dibakar. 

Sumber: