11 Siswa Luar Negeri Bersaing dalam Kompetisi Pelajar Bersama Mahasiswa Indonesia di Tegal

11 Siswa Luar Negeri Bersaing dalam Kompetisi Pelajar Bersama Mahasiswa Indonesia di Tegal

Siswa luar negeri menginap di salah satu hotel di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Sedikitnya 11 Siswa Luar Negeri dari berbagai negara, kini tengah bersaing di Kota Tegal bersama puluhan mahasiswa Indonesia. Mereka akan mengikuti internasional student mobility dan competisi yang dimulai dari tanggal 21-25 Februari 2024.

Menurut penanggung Jawab Pelajar Mancanegara yang juga Dosen Keguruan Universitas Pancasakti Kota Tegal Khusnul Khotimah mengatakan ada 11 Siswa Luar Negeri dari 7 negara dan 29 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang kini akan mengikuti sebuah kompetisi antar pelajar. 

"Mereka diantaranya dari Uzbekistan, India, Gana, Mesir, Srilangka, Kazagstan dan Tanzania. Internasional student mobility dan competisi," katanya Rabu 21 Februari 2024. 

Menurutnya hari pertama kegiatan, mereka mengikuti workshop di dua fakultas termasuk visiting di hutan mangrove dan tambak milik UPS Tegal. Kegiatan selanjutnya adalah menginap di Tegal Guci, termasuk mereka akan melakukan pengabdian di masyarakat.

BACA JUGA: Kompetisi Pelajar #Cari_Aman di Jawa Tengah Sudah Dimulai

"Mereka akan menginap di rumah warga di Desa Slumpring Cempaka Bumijawa Kabupaten Tegal. Termasuk kami memilih Hotel yang lokasinya dekat dengan kampus UPS," bebernya.  

Khusnul mengatakan kegiatan itu dimotori Universitas Pancasakti Tegal. Serta kantor Urusan Internasional/ Office of Internasional Affairs (OCIA). Dia menyebut ini bukan pertukaran pelajar, melainkan justru mencari juara Internasional yang sifatnya efisian. 

"Jadi kehadiran mereka, baik dari pelajar luar negeri maupun mahasiswa dari Indonesia kini tengah bersaing. Baik itu keakraban, akademik, modeling, esai, flog, poster, photography dan lainnya," pungkasnya. (*)

Sumber: