400 PNS Kabupaten Tegal Purna Tugas Tahun 2025, 251 Orang di Antaranya Guru

400 PNS Kabupaten Tegal Purna Tugas Tahun 2025, 251 Orang di Antaranya Guru

PEMBEKALAN - Sekda Amir Makhmud membacakan sambutan Pj Bupati Agustyarsyah, saat pembekalan kepada PNS Kabupaten Tegal purna tugas 2025, di Pendapa Amangkurat, Rabu 21 Februari 2024. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 400 PNS Kabupaten Tegal purna tugas tahun depan atau 2025. Jumlah tersebut didominasi guru. 

Hal ini seperti diungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal Mujahidin saat pembekalan PNS Kabupaten Tegal purna tugas yang berlangsung 3 hari. 

Dari 400 PNS Kabupaten Tegal purna tugas tahun 2025, rinciannya, 251 orang guru, 17 orang tenaga kesehatan, 30 orang penjabat struktural, 8 penjabat fungsional dan 94 orang pejabat pelaksana.

Mujahidin menjelaskan, kegiatan pembekalan PNS Kabupaten Tegal purna tugas 2025 ini dilaksanakan selama tiga hari, pada 20 Februari 2024 diikuti 150 PNS, 21 Februari 2024 diikuti 150 PNS dan 22 Februari hanya 100 PNS.

BACA JUGA: 66 PNS Kabupaten Tegal Ikut Penilaian Potensi dan Kompetensi, ASN Diminta Tidak Berleha-leha

PNS Kabupaten Tegal yang purna tugas tahun 2025 dibekali materi mengenai hal ketaspenan oleh PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Pekalongan, pembekalan Rumah Pangan Lestari oleh penyuluh pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tegal serta pembekalan motivasi dan kesiapan mental di masa purna tugas oleh Psikolog dari UPT Peningkatan Kompetensi BKPSDM Kabupaten Tegal. 

Kegiatan yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal ini, dipusatkan di Pendapa Amangkurat Kabupaten Tegal, Selasa 20 Februari 2024.

"Tujuan pembekalan ini untuk mempersiapkan PNS yang akan memasuki masa purna tugas agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan," kata Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud yang membacakan sambutan Pj Bupati Tegal Agustyarsyah.

Dia menjelaskan pembekalan PNS Kabupaten Tegal purna tugas tahun 2025 ini sangat penting karena dapat membangun rasa optimisme serta rasa percaya diri untuk memasuki dan menjalani masa pensiun dengan perasaan suka cita serta mengisi hari-hari tuanya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

BACA JUGA: Ingatkan soal Investasi Bodong, Bupati Tegal Sarankan Pensiunan PNS Coba Bisnis Baru

“Kekhawatiran dengan hilangnya sumber pendapatan bagi PNS bisa memanfaatkan aset sebagai sumber pendapatan untuk menggantikan arus kas yang telah hilang setelah purna,” ujar Amir

Memasuki masa purna, menurut Amir, bukanlah hal yang harus ditakutkan. Dengan langkah awal dan mental yang disiapkan, maka dapat meringankan beban di masa purna. 

"Sehingga hanya perlu mengisi hari-harinya dengan kegiatan positif dan menyenangkan," sambungnya di depan para PNS Kabupaten Tegal yang purna tugas di tahun 2025. (*)

Sumber: