114 TPS Pemilu 2024 di Jateng Gelar Pemungutan Suara Susulan dan 26 Lainnya PSU

114 TPS Pemilu 2024 di Jateng Gelar Pemungutan Suara Susulan dan 26 Lainnya PSU

Kabid Humas: Polda siap mengamankan PSU dan PSS TPS Pemilu 2024 di Jateng--

RADAR TEGAL – Sebanyak 114 TPS Pemilu 2024 di Jateng menggelar pemungutan suara susulan (PSS) pada Minggu, 24 Februari 2024. Itu tersebar berada di Kabupaten Demak karena saat Pemungutan suara dalam keadaan terendam banjir.

Selain itu, puluhan TPS Pemilu 2024 di Jateng juga akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Itu berada di Boyolali, Pemalang, Magelang, Rembang masing-masing 4 TPS, 2 TPS di Wonosobo dan Purworejo, Kebumen, Jepara, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Purbalingga, Sragen serta Sukoharjo 1 TPS.

Terkait penyelenggaraan PSU dan PSS di sejumlah TPS Pemilu 2024, Polda Jateng telah menyiapkan sejumlah personel gabungan. Itu, dilakukan untuk mengamankan jalannya proses tersebut.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu Setianto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personel gabungan untuk mendukung pengamanan kegiatan PSU di sejumlah TPS Pemilu 2024 itu. Adapun jumlahnya sebanyak 260 personel Polri dan 130 TNI.

BACA JUGA: Kotak Suara Dibuka Tidak Sesuai Regulasi, Bawaslu Rekomendasikan PSU Satu TPS di Tegal

“Personel pengamanan berjaga di ring dua TPS. Sedangkan di ring tiga sebagai pemantauan dan pembinaan keamanan di wilayah, akan dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat," kata Kabidhumas, Sabtu 17 Februari 2024.

Kabidhumas juga menyebut personel juga sudah disiapkan untuk mengamankan kegiatan pemungutan suara susulan yang akan dilaksanakan di kabupaten Demak. TPS di sana tidak dapat melaksanakan pemungutan suara pada 14 Februari lalu akibat terdampak banjir besar.

“Pemungutan suara susulan akan dilaksanakan pada 24 Februari mendatang. Ada 114 TPS di 10 desa di Kabupaten Demak yang akan melaksanakannya,” ujarnya.

Menurut Kabid Humas, untuk PSU nantinya dalam satu TPS di jaga oleh 10 Anggota Polri dan 5 TNI. Sedangkan untuk PSS dalam satu TPS  di amankan 2 Polri dan 1 TNI.

BACA JUGA: Tak Mau Terjadi PSU di Tegal, Bawaslu Undang Stakeholder Hingga Peserta Pemilu 2024

Kabid Humas, berharap pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana sesuai jadwal dan berlangsung dengan tertib dan aman. Untuk pengamanan kegiatan terkait Pemilu 2024, pihaknya terus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait termasuk KPU dan Bawaslu.

“Semoga pelaksanaan seluruh kegiatan berjalan lancar. Kami mengimbau masyarakat yang telah terdaftar untuk mengikuti PSU maupun PSS agar hadir di TPS untuk menyalurkan aspirasinya,” tandasnya.

Sebab, imbuh Kabid Humas, suara setiap warga masyarakat ikut menentukan masa depan kepemimpinan dan parlemen di Indonesia. Untuk lima tahun mendatang.

Demikian informasi terkait rencana penyelenggaraan PSU dan PSS di sejumlah TPS Pemilu 2024 di Jateng. Pihak TNI-Polri pun sudah menyiapkan personel pengamanan untuk menjaga pelaksanaan kegiatan itu. (*)

Sumber: