3 Hari Jelang Penutupan Lelang Jabatan di Brebes, Lowongan Kasatpol PP Masih Sepi Peminat

3 Hari Jelang Penutupan Lelang Jabatan di Brebes, Lowongan Kasatpol PP Masih Sepi Peminat

SELEKSI- Kabid Perencanaan dan Pengembangan SDM Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Brebes Arif Jutawan memberi keterangana soal lelang jabatan di Brebes.-Dedi Sulastro-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Lelang jabatan di Brebes tengah berlangsung. Tiga hari menjelang penutupan seleksi terbuka (selter) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, ada salah satu jabatan yang masih sepi peminat. 

Jabatan yang sepi peminat dalam lelang jabatan di Brebes tersebut yakni jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Brebes. Jabatan itu masih kosong hingga saat ini.

Terkait lelang jabatan di Brebes ini, Kabid Perencanaan dan Pengembangan SDM Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Brebes Arif Jutawan mengatakan, hingga hari ini, 13 Februari 2024 total ada delapan pelamar. Masing-masing kepala Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) satu orang, Asisten II Sekda Brebes lima orang dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) dua orang.

"Total per hari ini ada delapan pelamar yang mendaftarkan diri di selter kali ini. Memang, untuk jabatan Kasatpol PP belum ada yang mendaftar," ucapnya mengungkap situasi lelang jabatan di Brebes.

BACA JUGA: 9 Hari Dibuka Seleksi JPT Pratama Brebes Sepi Peminat, Baru Ada 3 Pelamar

Arif menyebutkan, untuk setiap JPT Pratama atau lelang jabatan di Brebes ini, bisa lanjut ke tahap seleksi administrasi minimal ada 4 pelamar. Sedangkan untuk lanjut ke tahap uji kompetensi dan penggalian potensi minimal harus ada 3 peserta yang lolos seleksi administrasi. 

"Bila ada JPT Pratama yang pelamarnya kurang dari 4 orang, waktu pendaftaran JPT Pratama yang pelamarnya kurang tersebut diperpanjang 2x3 hari kalender," ucapnya.

Seperti diketahui di Kabupaten Brebes sendiri ada empat jabatan eselon II yang kosong. Untuk mengisi kekosongan jabatan itu Pemkab Brebes melakukan lelang jabatan di Brebes dengan Selter melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) setempat.

Keempat jabatan eselon II yang kosong yakni, Kepala Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim), Asisten II Sekda Brebes, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Linmas dan Damkar dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag).

BACA JUGA: Protes Seleksi P3K Brebes, Puluhan Petugas Damkar Geruduk Kantor BKPSDMD

Keempat jabatan eselon II yang akan diseleksi karena pejabat terdahulu pensiun dan mutasi. Kepala Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) dulunya dijabat oleh Sutrisno yang pensiun. Asisten II Sekda Brebes Agus Ashari pensiun, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Linmas dan Damkar Supriyadi (mutasi, Red) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Zaenudin pensiun per 1 Februari.

Dalam mengisi, kekosongan jabatan tinggi pratama hanya bisa diisi melalui seleksi terbuka. Serta harus mengajukan dulu ke KASN. Setelah disetujui, baru melakukan seleksi terbuka. 

"Setelah pejabat sebelumnya purna, semua jabatan diisi Plt untuk melaksanakan pelayanan di dinas masing-masing," pungkasnya.

Dia menerangkan, sejauh ini bagi para peminat yang akan mendaftar masih melihat untuk daftar yang pasnya di mana. Serta mempersiapkan berkas pendaftaran lelang jabatan di Brebes. (*)

Sumber: