Protes Seleksi P3K Brebes, Puluhan Petugas Damkar Geruduk Kantor BKPSDMD

Protes Seleksi P3K Brebes, Puluhan Petugas Damkar Geruduk Kantor BKPSDMD

ARMADA - Personel damkar honorer Kabupaten Brebes menggunakan mobil armada saat menggeruduk Kantor BKPSDMD untuk melancarkan aksi protes hasil seleksi P3K. -SYAMSUL FALAQ-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Protes dengan hasil seleksi P3K Brebes, puluhan personel pemadam kebakaran menggeruduk Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Brebes, Rabu 27 Desember 2023.

Merasa tidak puas dengan hasil seleksi P3K Brebes atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Kedatangan honorer tersebut menggunakan dua unit armada mobil damkar dan tangki. 

Tujuannya, meminta penjelasan terkait hasil seleksi P3K Brebes karena banyak yang tidak lolos. Aksi protes personel damkar honorer tersebut, lantaran pengabdian yang sudah bertahun-tahun terkesan diabaikan. 

Padahal, dalam melaksanakan tugasnya, honorer damkar yang mengikuti seleksi P3K Brebes itu berjibaku dengan taruhan nyawa. Termasuk, semua beban berat pekerjaan yang memiliki risiko tinggi sebagai bentuk pengabdian.

BACA JUGA:Sah! Formasi P3K 2023 di Brebes Kembali Sesuai Usulan Awal Sebanyak 2.555 Orang

Sehingga, mereka mempertanyakan hasil seleksi P3K Brebes yang dinilai tidak berpihak kepada honorer petugas Damkar yang sudah sekian lama mengabdi.

Kepala Bidang Linmas dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Brebes Sujadi menyampaikan, kehadirannya ikut mengawal personel honorer yang ingin meminta klarifikasi hasil seleksi P3K Brebes. Sebab, anggota damkar yang ikut rekrutmen P3K merasa kurang puas karena dinyatakan tidak lolos seleksi belum lama ini.

"Dari 7 formasi damkar, hanya lima honorer personel damkar yang lolos. Sedangkan, dua lainnya yang lolos justru dari pihak luar. Padahal, anggota damkar ada tambahan nilai dari sertifikat khusus, itu yang kami pertanyakan," ungkapnya kepada awak media usai audiensi, Rabu 27 Desember 2023 siang.

Lolos seleksi P3K Brebes, lanjut Sujadi, menjadi harapan personel damkar honorer. Terlebih, mereka menjadi prioritas pada jalur afirmasi dengan hasil penilaian seleksi Computer Asesment Test. 

BACA JUGA:Jika Tuntutan Formasi P3K tidak Terealisasi, Nakes Ancam Mogok Kerja

Dengan lolos seleksi P3K Brebes, harapannya kesejahteraan petugas damkar lebih baik sebagai kontribusi pekerjaannya. Apalagi, hingga kini tercatat masih 35 personel damkar yang berstatus honorer.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi BKPSDMD Brebes Muhammad Darmawan Adinugroho menjelaskan, dalam rekrutmen ASN P3K memang dibuka formasi untuk jabatan fungsional pemadam kebakaran. 

Sumber: