Lunasi Hutang Pinjol dengan Jual Aset? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Menjualnya

Lunasi Hutang Pinjol dengan Jual Aset? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Sebelum Menjualnya

Lunasi hutang pinjol dengan jual aset-freepik-

BACA JUGA: 6 Pinjol Legal Tanpa Verifikasi Wajah Bisa Cair Mulai Rp2 Juta, Bisa untuk Usaha atau Individu

Namun misalnya untuk perhiasan atau barang berharga lainnya, akan lebih cepat dijual karena tidak perlu mengurus surat-surat tertentu. Anda tinggal jual door to door ke teman-teman Anda atau bisa manfaatkan platform online.

3. Manfaatkan aset produktif yang dimiliki

Lunasi hutang pinjol dengan jual aset tentu akan lebih bagus jika bisa menghasilkan pendapatan juga. Anda bisa manfaatkan aset produktif yang Anda miliki. Misalnya jika memiliki properti, Anda bisa sewakan dan nantinya bisa mendatangkan uang tambahan.

Selain itu, semisal Anda memiliki sejumlah kendaraan juga bisa membuka rental kendaraan. Lebih mudahnya lagi bisa menjadi ojek pribadi untuk mengantar makanan atau kebutuhan transportasi.

4. Tawar dengan harga wajar

Jika menjual aset berharga, jangan lupa tawarkan harga yang wajar dan kompetitif. Jangan terlalu merendah namun juga jangan terlalu maruk. Tentukan dengan tepat dan adil terhadap aset yang dijual.

BACA JUGA: 4 Cara Dapat Uang untuk Modal Usaha Tanpa Pinjol yang Aman, Pelaku UMKM Bisa Simak

5. Kelola hasil jual dengan baik

Anda bisa bayar hutang pinjaman online dengan hasil jual aset tersebut. Jika ada sisa, simpan dengan baik sebagai dana darurat.

Entah itu untuk kebutuhan mendesak maupun sebagai tambahan untuk bayar hutang di periode berikutnya atau tempat lain. Usahakan jangan gali lubang tutup lubang jika ingin hutang lunas total.

Penutup

Anda bisa bayar pinjol dengan jual aset berharga yang dimiliki sebagai salah satu alternatif, jika semisal pengajuan keringanan pembayaran Anda ditolak. Cara melunasi hutang pinjol ini jadi alternatif yang aman, ketimbang mencari pinjaman baru.

Demikian 5 hal yang harus diperhatikan jika lunasi hutang pinjol dengan jual aset yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: