Masa Tenang Pemilu, APK Pemilu 2024 di Jalur Pantura Brebes Ditertibkan

Masa Tenang Pemilu, APK Pemilu 2024 di Jalur Pantura Brebes Ditertibkan

Penertiban APK Pemilu 2024 di jalur pantura Brebes dan lokasi lainnya--

RADAR TEGAL - Masuk masa tenang, ribuan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 di jalur Pantura Brebes ditertibkan Tim Gabungan Kabupaten Brebes, Senin 12 Februari 2024. Salah satunya, yang terpampang di sejumlah tirik, seperti di ruang publik dan pinggir jalur protokol 

Plt Satpol PP Damkar dan Linmas Kabupaten Brebes Agus Ismanto mengungkapkan, tim gabungan melakukan pembersihan APK Pemilu 2024 di jalur Pantura Brebes baik capres-cawapres maupun caleg yang tersebar di sejumlah titik. Personelnya, gabungan dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu dan Satpol PP, Dishub, dan Bawaslu.

"Tim gabungan yang diterjunkan, menyisir semua jalan protokol, jalur Pantura, dan jalur arah Jatibarang hingga Bumiayu. Hasilnya, ribuan APK Pemilu 2024 di jalur Pantura Brebes dan lainnya milik caleg dan capres-cawapres kami bersihkan," ungkapnya.

Ribuan APK Pemilu 2024 di jalur pantura Brebes yang ditertibkan, kata Agus, karena masih terpasang pada masa tenang. Bentuknya, mulai dari banner berukuran pigura foto hingga reklame besar dan tak ada kesulitan berarti karena pencopotan menggunakan mobil crane Dishub.

BACA JUGA: Ngamuk! Bawaslu Kabupaten Tegal Bredel Ribuan Alat Peraga Kampanye di Slawi Hingga Dukuhturi

"Karena sifatnya pembersihan, tidak ada jaminan APK yang kami copot dalam kondisi rapi. Mengingat, sebelumnya sudah diberi waktu untuk menertibkan secara mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Brebes Trio Pahlevi menambahkan, pembersihan semua APK milik caleg dan capres-cawapres merupakan hasil rakor dan kesepakatan bersama. Yakni, stakeholder terkait mulai Pemkab Brebes dan OPD pengampu hingga Gakkumdu untuk membersihkan semua APK yang masih terpasang di hari kedua masa tenang.

"Pembersihan semua APK di jalur pantura Brebes dan lainnya, merupakan tindakan tegas. Setelah sebelumnya caleg dan parpol sudah diberi waktu menertibkan secara mandiri," ujarnya.

Pahlevi menegaskan, karena sudah masa tenang, maka seluruh APK Pemilu 2024 baik di jalur Pantura Brebes maupun lainnya yang masih terpasang langsung ditertibkan. Hingga Hari H pencoblosan 14 Februari besok. (*)

Sumber: