Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

PAHAMI - Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus?--(sumber foto pinterest)

BACA JUGA: Bingung karena Budget Cekak, Ini Perbedaan Smart TV dan Google TV yang Bisa Anda Jadikan Alasan Memilihnya

Android tv

Televisi dengan sistem OS Android TV menjadikannya tidak hanya sebagai TV berteknologi canggih, namun juga memudahkan aktivitas menonton. Dengan akses fitur serupa seperti aplikasi bawaan yang terkoneksi dengan internet. 

Akses yang dimiliki Android TV dengan Google Play Store, menjadikan aktivitas mengunduh dan memperbarui versi aplikasi terbaru semakin mudah. Sebagai bonus tambahan, banyak TV Android menawarkan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman TV yang lebih baik.

Sehubungan dengan perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus? Dapat disimak dengan melihat kelebihan dan kekurangan pada Android TV.

1. Kelebihan android tv

  • Android TV dengan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Memberikan keunggulan untuk pengalaman menonton secara keseluruhan menjadi lebih baik, sebab kemudahan dalam mengontrol TV Android hanya dengan menggunakan Smartphone Android atau Smartwatch.
  • Meskipun Smart TV memberikan banyak aplikasi bawaan, namun berkat dukungan Play Store pada Android TV. Menjadikan Android TV memiliki aplikasi terinstal lebiah banyak dibandingkan dengan Smart TV.
  • Android TV unggul dalam firmware dan pembaruan aplikasi. Dengan pengembangan teknologi aktif sehingga rajin dalam menghadirkan pembaruan.
  • Adanya fitur Google Voice Assistant, Anda tidak perlu menggunakan perangkat input karena dapat beralih antar saluran dan mencari konten favorit secara online dengan kontrol suara.
  • Hadirnya fitur Chromecast membuat transmisi layar di TV Android lebih mudah digunakan.

2. Kekurangan android tv

  • TV Android mungkin sulit dinavigasi, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan ekosistem Android.
  • TV Android memiliki kinerja yang lambat apalagi setelah beberapa tahun digunakan.

BACA JUGA: Bingung Pilih Televisi Baru? Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Supaya Tak Salah Beli

Kesimpulan

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan untuk melihat perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus? Sebaiknya untuk lebih mengenali perbedaan keduanya agar tidak salah pilih saat membeli televisi. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: