Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus? Kenali Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

PAHAMI - Perbedaan Smart TV dengan Android TV, Mana yang Lebih Bagus?--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Televisi yang menemani aktivitas beristirahat menjadi lebih menarik dengan berbagai tayangan yang disuguhkan. Berkaitan dengan penyuguhan tayangan, maka artikel ini akan membahasa mengenai perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus?

Perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus? Hal tersebut dapat dibandingkan dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua jenis televisi tersebut.

Perbedaan Smart TV dengan Android TV , mana yang lebih bagus? Berdasarkan pengertian keduanya, yang mana Smart TV sendiri merupakan televisi yang menggunakan sistem operasi tertentu.

Yang mana hal itu berbeda dengan Android TV yang merupakan televisi yang beroperasi dengan sistem OS Android, sehingga tidak semua sistem operasi termasuk ke dalam Android TV. Lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus? Dapat disimak di bawah ini hingga selesai.

BACA JUGA: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Smart TV dan TV Digital yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Pilih smart tv atau android tv?

Smart tv

TV yang satu ini bisa juga disebut dengan jenis TV internet, di mana dalam menghadirkan fitur yang inovatif dan tayangan eksklusif membutuhkan adanya konektivitas internet. Smart TV yang terkoneksi secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet untuk mengakses konten online.

Smart TV hadir dengan sistem operasi yang kurang lebih seperti sistem operasi ponsel Anda. Dengan kedua sistem operasi yang ada pada Smart TV yaitu OS WEBos dan Tizen yang memberikan berbagai aplikasi lengkap sebagai hiburan.

Diantaranya seperti, Smart TV yang dilengkapi dengan aplikasi bawaan yaitu ada Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film.

Sementara untuk melihat perbedaan Smart TV dengan Android TV, mana yang lebih bagus? Dapat dipahami dengan melihat kelebihan dan kekurangan pada Smart TV.

BACA JUGA: Daftar Harga Smart TV 32 Inch Paling Laris di Pasaran, Mulai Rp1,4 Jutaan Sudah Resolusi HD

2. Kelebihan Smart TV

  • Smart TV lebih unggul dalam penggunaan navigasi. Sebab antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna jadi lebih mudah untuk beralih antar aplikasi saat muncul di layar beranda.
  • Smart TV memiliki kinerja yang lebih cepat. Sehubungan dengan antarmuka yang sederhana dan teroptimasi secara maksimal antara hardware dan software, memberikan kinerja yang lebih baik dan cepat dibandingkan Android TV.
  • Smart TV menggunakan sistem operasi dengan konsep "kartu" yang memungkinkan pengguna untuk beralih dengan mudah antara aplikasi, input, dan setelan dengan cepat.

3. Kekurangan Smart TV

  • Akses tayangan atau hiburan tidak sehebat Android TV. Seperti yang sudah dikatakan di atas, Smart TV hanya memberikan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Pembaruan aplikasi di Smart TV sulit didapat, sehingga beberapa aplikasi tidak mendukung. Begitupun dengan update sistem yang sulit, sehingga OS TV menjadi usang setelah beberapa tahun.
  • Kontrol suara Smart TV yang kemampuannya tidak sehebat Google Assistant.
  • Fitur mirroring bawaan Smart TV yang relatif sulit. Sebab mengharuskan pemasangan untuk menyambungkan perangkat merupakan hal yang merepotkan.

Sumber: