Jangkau Daerah Terpencil, Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Bumiayu Brebes Tembus Jalan Berkubang

Jangkau Daerah Terpencil, Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Bumiayu Brebes Tembus Jalan Berkubang

JALAN RUSAK- Distribusi logistik Pemilu 2024 dihadang kondisi jalan rusak menuju wilayah Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Demi menjangkau daerah terpencil, distribusi logistik Pemilu 2024 di Bumiayu, Brebes harus menembus jalan berkubang, Minggu 11 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes melalui Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) mulai mendistribusikan logistik yang akan dipergunakan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke daerah sana.

Daerah terpencil yang dimaksud adalah Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu. Distribusi logistik Pemilu 2024 di wilayah tersebut menjadi salah satu yang memiliki tantangan tersendiri dalam pendistribusiannya. 

Selain berada terpencil dengan jarak sekitar 12 kilometer dari Kantor Desa Kalinusu, akses jalan menuju wilayah tersebut hanya menyisakan permukaan tanah yang menjadi kubagan saat tersiram hujan. Karenanya distribusi logistik Pemilu 2024 di sana menjadi penuh tantangan.

"Dengan pertimbangan akses jalan dan juga kondisi geografis yang jauh dari kantor desa, maka pengiriman logistik dilaksanakan langsung dari PPK menuju Dukuh Maribaya," ungkap Gagah Aditya W, anggota PPK Bumiayu terkait distribusi logistik Pemilu 2024 di daerah terpencil.

BACA JUGA: Polisi Datangi Gudang KPU Tegal, Pastikan Kesiapan Logistik Pemilu 2024

Kondisi tersebut berbeda untuk pendistribusian bagi desa lainnya. Distribusi logistik Pemilu 2024 dikirim dari PPK, selanjutnya di tempat di Kantor Desa setempat. 

Untuk melaksanakan pendistribusian, PPK juga berkoordinasi dengan Polsek Bumiayu menggunakan kendaraan patroli dengan spesifikasi double gardan.

"Khusus untuk Dukuh Maribaya terdiri dari 2 TPS, yakni TPS 027 dengan 143 hak pilih dan TPS 028 dengan 184 hak pilih, logistik dikirim langsung oleh PPK menuju pedukuhan," jelasnya.

Distribusi logistik Pemilu 2024 yang dikirim terdiri dari surat suara, kotak suara, bilik suara, berbagai formulir, sampul berita acara PPK, sampul berita acara PPS, buku panduan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi, kantong plastik, segel, template hingga alat-alat pencoblosan di TPS-TPS seperti tali, paku, bantalan dan tinta.

BACA JUGA: Awasi Ketat Pengepakan Logistik Pemilu 2024 di Kota Tegal, Bawaslu: Pastikan Tepat Waktu dan Jumlah

"Dikirim ke TPS dengan pengawalan Petugas dari Polsek Bumiayu. Semua logistik yang dikirimkan dari PPK tersebut dimasukkan ke dalam kotak suara dengan posisi kotak tersegel. Pembukaan segel baru dilakukan pada saat pelaksanaan pemungutan suara dimulai," imbuhnya.

Kepala Desa Kalinusu Wasid, membenarkan kondisi kerusakan jalan di wilayahnya tersebut. Menurut dia, sedianya Dukuh Maribaya, hanya berjarak tidak lebih dari 10 kilometer dari ibu kota Kecamatan Bumiayu.

"Saat ini masih terdapat kondisi jalan yang sangat rusak sekitar 6 kilometer. Pemkab sendiri sedianya telah berupaya melakukan perbaikan, namun belum menyentuh hingga wilayah Maribaya," jelasnya.

Perbaikan terhadap kondisi kerusakan ruas jalan tersebut, lanjut Kades, sudah sangat dinantikan oleh warga tidak hanya yang tinggal di Maribaya saja. Namun juga warga lain yang kebetulan memiliki lahan pertanian di wilayah tersebut.

Sumber: