Awasi Ketat Pengepakan Logistik Pemilu 2024 di Kota Tegal, Bawaslu: Pastikan Tepat Waktu dan Jumlah

Awasi Ketat Pengepakan Logistik Pemilu 2024 di Kota Tegal, Bawaslu: Pastikan Tepat Waktu dan Jumlah

RAKOR - Bawaslu Kota Tegal menggelar rakor pengawasan logistik Pemilu 2024 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Pemilu 2024, saat ini telah memasuki tahapan pengepakan dan setting logistik. Karenanya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan pengawasan secara melekat terhadap setiap tahapan, termasuk hal itu.

Itu, dilakukan untuk memastikan pengepakan logistik Pemilu 2024 tepat waktu dan jumlah. Hingga nanti proses pendistribusiannya.

Pengawas terhadap proses pengepakan logistik pemilu 2024 akan melibatkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Sehingga, diharapkan mereka akan berkoordinasi dengan jajaran Panitia Pemilu Kecamatan (PPK).

Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid mengatakan pihaknya melakukan pengawasan melekat terhadap setiap tahapan Pemilu 2024. Termasuk, pengepakan dan setting logistik di gudang KPU.

BACA JUGA: Logistik Pemilu 2024 di Brebes Sudah Capai 50 Persen yang Datang

"Dalam setiap tahapan, Bawaslu melakukan pengawasan melekat. Termasuk tahapan pengepakan dan setting tersebut,"katanya usai membuka rapat koordinasi pengawasan logistik Pemilu, Rabu 24 Januari 2024 siang.

Pengawasan terhadap pengepakan itu akan dilakukan pada 24-28 Januari 2024. Sesuai dengan jadwal dari KPU.

"Untuk pengawasan, kita melibatkan masing-masing Panwascam. Sehingga, harapannya mereka bisa berkoordinasi dengan jajaran PPK terkait dengan jadwalnya,"ujarnya.

Sebelum setting dan pengepakan Logistik Pemilu 2024, kata Fauzan, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap proses sortir dan pelipatan surat suara. Setiap harinya, jajarannya melakukan pengawasan.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Tegal Terima Logistik Pemilu 2024, Surat Suara Pilpres Belum Datang

"Pengawasan sortir dan pelipatan kita lakukan pada 9-18 Januari 2024 lalu. Kita juga melibatkan jajaran Panwascam,"tandasnya.

Fauzan menambahkan, selama pengawasan proses pelipatan surat suara itu memang tidak sampai ada temuan. Namun, pihaknya memberikan saran perbaikan dan langsung dilaksanakan oleh pihak KPU.

Sebelumnya, saat membuka rakor, Fauzan Hamid mengatakan pihaknya melakukan pengawasan Logistik Pemilu 2024 untuk memastikannya tepat waktu, jumlah, jenis, kualitas dan kesesuaiannya. Sehingga, harapannya Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. (*)

Sumber: