Nikmatnya Kupat Bongkok Khas Tegal, Makanan Unik dengan Mie Konyel yang Miliki Cita Rasa Lezat

Nikmatnya Kupat Bongkok Khas Tegal, Makanan Unik dengan Mie Konyel yang Miliki Cita Rasa Lezat

Kupat Bongkok Khas Tegal--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas tentang kupat bongkok khas Tegal yang banyak disukai oleh masyarakat. Bagi warga Tegal, makanan satu ini cocok untuk disantap ketika sarapan, meskipun bisa juga dimakan selain untuk sarapan.

Kupat bongkok khas Tegal memiliki nama yang cukup unik sehingga membuat banyak orang penasaran dengan makanan satu ini. Makanan yang sudah terkenal sejak 1970 an ini menjadi ikon kuliner untuk Kabupaten Tegal.

Jika kamu pergi ke Kabupaten Tegal, maka jangan lupa untuk mampir ke warung kupat bongkok khas Tegal. Tidak asyik rasanya jika pergi ke Tegal namun tidak mencicipi makanan khas Kota Bahari ini.

Sebelum memutuskan untuk pergi dan mencicipi enaknya kupat bongkok khas Tegal, kamu bisa membaca serba-serbi nya terlebih dahulu. Dengan membacanya pasti akan langsung terbayang betapa enaknya makanan ini.

BACA JUGA: Wajib Dicoba, 3 Minuman Khas Tegal yang Segarnya Lakalaka dan Bisa Menghilangkan Stres

Setiap daerah pastinya memiliki makanan khas masing-masing yang menjadi ikon dari kota tersebut. Bahkan biasanya, makanan tersebut juga memiliki rasa yang kebanyakan disukai oleh warga daerah tersebut.

Kupat Bongkok

Kupat bongkok pertama kali muncul pada tahun 1970 yang sekarang menjadi makanan khas Tegal. Nama Bongkok berasal dari Desa Bongkok yang ada di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Kupat bongkok menjadi makanan yang unik dengan cita rasa yang lezat dan menjadi kesukaan masyarakat Tegal. Makanan satu ini terdiri dari lontong, tauge, mie kenyol, yang dipadukan dengan kare tempe.

Perpaduan bahan tersebut membuat kupat bongkok ini berbeda dari kupat yang lain. Keunikan ini juga yang membuat banyak masyarakat penasaran dengan bagaimana rasa dari kupat bongkok.

BACA JUGA: Tahu Aci Khas Tegal, Makanan dengan Sensasi Gurih Renyah Cita Rasa Kuliner Tegal

Ciri khas utama dari kupat bongkok adalah kuahnya yang terbuat dari kare tempe dan ditambah dengan mie kenyol. Selain itu, penggunaan tempe semangit yang sengaja dibusukan selama tiga hari memberikan rasa yang lebih gurih dan khas.

Dan ketika akan disajikan, makanan ini ditaburi dengan tauge yang sudah dikukus dan remahan kerupuk mie. Taburan tauge dengan kerupuk mie juga membuat rasa kupat bongkok ini menjadi lebih lezat.

Untuk proses memasak kupat bongkok ini tidak sederhana karena harus mengolah tempe semangit dan mie kenyol yang dimasak dengan bumbu pedas. Butuh waktu kurang lebih selama semalam untuk memasak makanan ini, tidak heran jika kupat bongkok memiliki cita rasa yang nikmat.

Sumber: