Wajib Dicoba! Makanan Khas Tegal Enak Bisa untuk Oleh-oleh dan Sudah Melegenda

Wajib Dicoba! Makanan Khas Tegal Enak Bisa untuk Oleh-oleh dan Sudah Melegenda

PILIHAN - Makanan Khas Tegal Enak Bisa untuk Oleh-oleh--(sumber foto pinterest & google)

Soto adalah makanan berkuah yang dapat kita jumpai pada berbagai daerah. Namun tentunya terdapat perbedaan, soto tauco adalah soto khas Tegal dengan ciri khas tauconya.

Tauco pada soto Tegal menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisata kuliner untuk mencobanya.

Soto tauco Tegal dapat dicicipi dengan datang ke tempatnya secara langsung. Di daerah Talang, Kabupaten Tegal terdapat beberapa warung soto tauco yang dapat kita datangi.

4. Glotak 


--(sumber foto Google)

Glotak atau sebagian daerah di Tegal menyebutnya dengan petis, merupakan makanan khas Tegal enak bisa untuk oleh-oleh dengan cita rasa pedas yang menonjol. Selain rasa pedas, tulang yang menjadi salah satu bahan utamanya telah memberikan kekayaan rasa tersendiri. 

Makanan satu ini juga lebih lengkap jika memakannya dengan kerupuk mie saat menyantapnya. Glotak atau petis dapat kita temukan pada pedagang-pedagang kecil atau pedagang keliling, dan pedagang di Pasar. 

BACA JUGA: 3 Resep Makanan Khas Tegal yang Bikin Ketagihan

5. Latopia


--(sumber foto Google)

Untuk makanah khas Tegal yang satu ini mungkin bagi orang luar daerah Tegal masih belum terlalu terkenal, daripada makanan khas Tegal lainnya. Latopia sendiri merupakan makanan dengan olahan tepung dengan berbagai macam isi, seperti buah, durian, bawang putih, gula jawa, keju, kacang hijau, dan coklat. 

Untuk tekstur yang renyah dan ukuran yang besar menjadi pilihan cemilan yang dapat membuat perut kenyang penikmatnya.

Latopia juga yang kita sebut latopnya, dapat kita temukan di Jalan Veteran, Tegal. Selain itu juga dapat kita temukan di daerah Debong dan pasar-pasar tradisional Tegal.

Kesimpulan

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Tegal enak bisa untuk oleh-oleh. Pastikan untuk mencobanya saat datang ke Tegal ya, dan jangan lupa bungkus untuk teman dan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: