Obyek Wisata Guci Tegal Diprediksi Dipadati Wisatawan saat Libur Panjang, Ini yang Dilakukan Dinas Parpora

Obyek Wisata Guci Tegal Diprediksi Dipadati Wisatawan saat Libur Panjang, Ini yang Dilakukan Dinas Parpora

PENJELASAN - Kepala Dinas Porapar jelaskan kesiapan hadapi lonjakan pengunjung obyek wisata Guci Tegal di libur panjang keagamaan.--

RADAR TEGAL – Jumlah pengunjung obyek wisata Guci Tegal diprediksi akan mengalami lonjakan saat libur panjang yang akan terjadi akhir pekan ini. Karenanya, Dinas Parpora Kabupaten Tegal menyiapkan langkah antisipasi. 

Langkah antisipasi untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan khsusunya di obyek wisata air panas Guci Tegal antara lain dengan menyiagakan Tim SAR. Nantinya, Tim SAR akan melakukan siaga internal.

Kepala Dinas Porapar Muhammad Uwes Qoroni menyatakan  selama libur panjang  keagamaan, obyek wisata air panas Guci Tegal akan buka seperti biasa. Karenanya, pihak dia akan melakukan upaya antisipasi.

"Guna persiapan menghadapi lonjakan wisatawan akan kita tingkatkan sejalan dengan  kondisi cuaca belakangan ini. Agar wisatawan tetap aman dan nyaman ketika berada di obyek wisata seperti di Guci Tegal," ujarnya  Selasa 6 Februari 2024.

BACA JUGA: Pemkab Tegal Prioritaskan Kawasan Pariwisata Guci dan Cacaban Masuk RDTR

Menurutnya saat ini Guci masih siaga dan langkah antisipasi wisatawan terus menjadi perhatian utama. Sehingga, harapannya agar tetap dalam posisi aman.

"Khusus menghadapi lonjakan wisatawan saat ini  di kawasan Guci sudah tersedia total 3,12 hektar lahan parkir. Itu tersebar di beberapa titik,”katanya.

Adapun lahan tersebut berada di kantor induk UPTD  seluas 0,16 hektare,  sebelah barat depan GTA seluas 0,4 hektare, areal pasar 0,43 hektare, timur depan Guci Forest seluas 0,24 hektare. Serta di semua wahana wisata  seluas 1,84 hektare.

Dengan adanya lahan parkir yang memadahi, ujar Uweis, pihaknya kini tengah berupaya untuk menata sirkuliasi keluar masuk mendaraan. Penataan parkir, dan fasilitas umum pendukung.

BACA JUGA: Mengejutkan! Ternyata Ada Status Tanah di Guci dan Cacaban Kabupaten Tegal yang Tidak Bertuan

"Untuk sarpras jalan arah Tuwel menuju Guci saat ini juga sedang proses perbaikan lintasan, dan ada upaya untuk memperhalus area lintasan parkir kendaraan yang ada berikut pengadaan tolilet," ungkapnya.

Uweis menambahkan dari 24 wahana yang ada di obyek wisata Guci Tegal kedepan akan dibangun TIC atau Tourist Informasi Center. Itu, untuk meningkatkan kualitas  layanan  wisatawan. (*)

Sumber: