Cara Mengubah Kipas Angin Biasa jadi Sedingin AC, Cukup Modal Botol Aqua Bekas Saja Loh

Cara Mengubah Kipas Angin Biasa jadi Sedingin AC, Cukup Modal Botol Aqua Bekas Saja Loh

Berikut ini cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC --Freepik

RADAR TEGAL -  Artikel kali ini akan membahas cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC. Pasti Anda bertanya-tanya loh memangnya bisa yah? Ternyata cukup modal botol Aqua bekas saja loh.

 

Lalu bagaimana cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC? Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya di rumah bisa baca hingga selesai artikel ini yah.

 

Dengan mengetahui cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC, Anda jadi lebih hemat biaya. Selain itu Anda bisa tetap merasakan sensasi suhu dinginnya seperti AC yang aslinya.

 

Daripada kelamaan yuk mari kita intip saja cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC. Berikut tahap-tahapnya.

 

BACA JUGA: Spesifikasi AC Portabel Sharp Air Cooler PJ-A55TY Harga 1 Jutaan Garansi 12 Bulan, Inilah Keunggulannya

Sebelum itu Anda mesti mempersiapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini daftarnya:

  • Kipas angin

  • Es batu

  • Tali rafia

  • 2 botol bekas plastik ukuran 1-2 liter

  • Gunting

  • Cutter.

 

Berikut ini cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC:

 

1. Untuk yang pertama yakni potong terlebih dahulu botol bekas plastik di bagian bagian bawah menggunakan cutter. Tapi perlu diingat jangan potong botol sampai putus, supaya nantinya botol bisa dibuka dan ditutup.

 

2. Kemudian selanjutnya lubangi semua bagian kiri dan juga di bagian kanan botol bekas menggunakan gunting. Karena lubang tersebut untuk ventilasi.

 

3. Lalu ikatkan botol bekas pada bagian belakang kipas angin menggunakan tali rafia. Tapi harus diikat dengan kuat supaya botol tidak jatuh.

 

4. Yang terakhir masukkan es batu ke dalam dua botol bekas yang sudah diikatkan tadi. Akan tetapi jangan isi es batu melebihi ventilasi botol bekas tersebut.

 

5. Nyalakan kipas angin dan rasakan sensasi dingin yang dikeluarkan seperti AC.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi AC Low Watt Rp2 Jutaan 1/2 PK Terbaik dengan Teknologi Canggih

Tak perlu khawatir dengan lelehan es batunya

 

Jadi ternyata cara mengubah kipas angin biasa jadi dingin seperti AC itu mudah banget yah dan menariknya meskipun bermodalkan botol bekas saja bisa terbukti efektif menghembuskan hawa dingin. Kipas angin modifan sendiri ini sangat dingin dan bagian dari lelehan es bantunya akan tertampung di dalam botolnya, jadi gak perlu khawatir akan menetes ke lantai.

 

Dengan menggunakan alat dan bahan sederhana yang harganya murah meriah udara yang dikeluarkan kipas angin akan  terasa lebih dingin. Jadi cocok banget digunakan saat musim panas melanda dan tentunya bisa mengusir hawa gerah.

 

Meskipun ini bukan solusi untuk hemat biaya, tetapi juga memiliki manfaat ramah lingkungan karena mendaur ulang botol air mineral bekas. Namun perlu diingat jangan lupa untuk isi ulang es batu secara berkala agar tetap menjaga efisiensi pendinginnya. 

 

Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli AC yang harganya relatif mahal. Cukup dengan berinovasi menggunakan kipas angin dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga menghembuskan udara yang lebih dingin dan sejuk seperti AC.

BACA JUGA: AC Dinding Merk Daikin Laris Manis di Toko dan Onlineshop, Ternyata Ini Keunggulannya

Bagaimana cukup mudah kan buatnya? Bahannya murah meriah sudah bisa mengubah kipas angin biasa bisa dingin seperti AC. Jika memang tertarik jangan lupa untuk dipraktekkan sekarang juga di rumah.

 

Dengan mempraktekkan tutorial cara mengubah kipas angin biasa jadi dingin seperti AC ini bisa lebih kreatif dan jadikan ruangan sebagai AC ruangan Anda yang tidak membutuhkan modal mahal, sehingga Anda tidak perlu membeli AC di toko.

 

Bahkan Anda bisa menghemat biaya listrik karena cukup menggunakan kipas angin saja sudah merasakan sensasi dingin seperti AC.

 

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara mengubah kipas angin biasa jadi sedingin AC. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Sumber: