BREAKING NEWS! 1.645 Jiwa di Margasari Tegal Terdampak Banjir

BREAKING NEWS! 1.645 Jiwa di Margasari Tegal Terdampak Banjir

BANJIR - Tim PMI dan relawan lainnya sedang mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Margasari Tegal, Minggu 4 Februari malam.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sedikitnya 1.645 jiwa di Margasari Tegal terdampak banjir. Banjir tersebut melanda tiga desa di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Minggu 4 Februari 2024 sore. 

Ketiga desa itu yakni, Desa Pakulaut, Desa Kaligayam dan Desa Prupuk Utara. Sumber dari Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, banjir di Desa Pakulaut telah merendam sedikitnya 45 rumah. Ketinggian banjir mulai dari 20 hingga 40 sentimeter.

Sebanyak 400 jiwa di Desa Kaligayam juga terdampak banjir di Margasari Tegal. Ketinggian banjir hampir sama, yakni sekitar 20 sampai 30 sentimeter. Sedangkan di Desa Prupuk Utara, jumlahnya lebih banyak yakni mencapai 1.200 jiwa di Margasari Tegal terdampak banjir. Ketinggian banjir 20 sampai 30 sentimeter.

Hingga Minggu malam, PMI belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa maupun luka. Jumlah warga Margasari Tegal terdampak banjir yang mengungsi  juga masih nihil.

BACA JUGA: Banjir di Tegal, 2 Desa di Pantura Kecamatan Kramat Terendam Air

"Bencana banjir itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja, banjir telah melumpuhkan aktifitas warga di tiga desa itu," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto.

Dia menuturkan, kronologi banjir itu bermula saat wilayah Kecamatan Margasari diguyur hujan deras pada Minggu 4 Februari 2024 siang hingga sore hari. Sehingga aliran Sungai Kumisik meluap dan menggenangi rumah penduduk. 

Tidak hanya itu, luapan banjir juga menggenangi jalan Nasional Tegal-Purwokerto. Tepatnya di Underpass Pesurupan, Desa Prupuk Utara. Sehingga kendaraan mengantre hingga beberapa meter.

"Saat ini air sudah mulai surut. Warga sedang kerja bakti membersihkan material lumpur yang menggenai rumah dan jalan," ujarnya.

BACA JUGA: 2.513 Rumah, 7 sekolah, dan 6 Tempat Ibadah Kena Banjir di Tegal, Pemkot Turunkan 3 Mobil Penyedot Air

Dia mengemukakan, selain dari PMI, petugas yang berada di lokasi banjir yakni anggota Polsek, Koramil Margasari, BPBD, Satgana PMI dan perangkat desa. Saat ini, keluarga terdampak banjir membutuhkan bantuan sembako, selimut dan alat kebersihan.

"Dalam waktu dekat PMI akan menyalurkan bantuan," imbuhnya terkait banjir di Margasari Tegal tersebut. (*)

Sumber: