Pentingnya Menghapus NIK KTP di Pinjol, Cara Efektif Cegah Kebocoran Data Pribadi Sekarang Juga

Pentingnya Menghapus NIK KTP di Pinjol, Cara Efektif Cegah Kebocoran Data Pribadi Sekarang Juga

Menghapus NIK KTP di Pinjol dan Resiko Penyalah Gunaan Data Pribadi yang Ruginya Bisa Jutaan--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Pinjaman online memang menjadi sebuah solusi dan juga sebagai tempat munculnya masalah baru seperti data pribadi yang bocor. Dari hal ini banyak nasabah yang menghapus NIK KTP di pinjol untuk keamanan.

Para nasabah menghapus NIK KTP di pinjol dengan berbagai cara yang mudah dan tidak ribet. Hal ini karena kebanyakan orang takut dengan kebocoran data pribadi karena bisa mengakibatkan kerugian pribadi.

Salah satu kerugian jika tidak sempat menghapus NIK KTP di pinjol dan sampai ada penyalahgunaan adalah kerugian materiil. Untuk menghindari hal itu, perlunya adanya pengecekan yang berkala dan kehati-hatian.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang cara menghapus NIK KTP di pinjol dan resiko kebocoran data. Simak pembahasan kali ini untuk terhindar dari kerugian.

BACA JUGA: Jarang Ada yang Tahu, Ini 3 Cara Menghapus NIK KTP di Pinjaman Online dengan Mudah tanpa Ribet

BACA JUGA: Cara Menghapus NIK KTP di Pinjol, 2 Metode Ini Cegah Penyebaran Data Pribadi

Tips cegah kebocoran data pribadi sejak dini

1. Lunasi Tagihan

Cara yang pertama adalah dengan melakukan pelunasan terhadap pinjaman yang sedang kamu ambil. Biasanya jika ada data pinjaman yang belum lunas, maka tidak akan bisa menghapus data pribadi dengan mudah.

Hal ini karena data kamu masih perlu untuk melakukan penagihan. Berbeda jika sudah selesai, maka kamu bisa menghapus data pribadi di pinjol dengan mudah dan tidak ada hambatan.

2. Uninstall Aplikasi Pinjol

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi pinjaman online. Aplikasi pinjaman online bisa akan tetap mengakses informasi jika masih terinstall di smartphone kamu.

Cara paling ampuh adalah dengan menghapusnya dari smartphone. Dengan itu, pinjol tersebut tidak akan bisa lagi mengakses informasi.

BACA JUGA: DC Pinjol Lapangan Bisa Kena Pasal Pencurian, Ini Aturan Lengkap Penagihan Pinjol OJK Pakai Debt Collector

3. Menghapus NIK KTP di Pinjol dengan Menghubungi CS

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi customer service jika memang ingin menghapus data langsung dari pusatnya. Cara ini bisa kamu lakukan jika sudah tidak ada tunggakan lagi pada perusahaan pinjol terkait.

Kamu bisa menjelaskan alasan kenapa ingin melakukan penghapusan data tersebut dengan benar. Contohnya adalah misal tidak akan menggunakan pinjol kembalu atau sebagainya.

4. Riset Smartphone ke Setelan Pabrik

Cara terakhir adalah dengan melakukan riset smartphone ke pabrikan. Untuk melakukan ini setiap smartphone memiliki caranya masing-masing.

Sumber: