H-2 Pemungutan Suara Pemilu 2024, Akses Menuju 4 TPS di Kabupaten Tegal Ditarget Selesai Diperbaiki

H-2 Pemungutan Suara Pemilu 2024, Akses Menuju 4 TPS di Kabupaten Tegal Ditarget Selesai Diperbaiki

TINJAU - Kalak BPBD bersama DPUPR melihat progras perbaikan jalur di Wotgalih yang sempat longsor di beberapa titik.--

RADAR TEGAL - Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Tegal berharap percepatan perbaikan akses menuju beberapa TPS yang sulit dilewati bisa selesai pada H-2 Pemungutan Suara Pemilu 2024. Sehingga, baik petugas KPPS maupun masyarakat bisa menggunakan jalur tersebut saat hari pencoblosan.

Kalak BPBD, Elliya Hidayah SIP MM menyatakan selama ini pihaknya bertindak dengan mekanisme dan prosedur yang benar. Itu, ditempuh karena penyelesaian akses menuju TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2024 berhimpitan dengan kewenangan institusi lain.

Sehingga, kata Elliya, dalam tinjauannya kali ini pihaknya menggandeng Dinas PUPR untuk melihat sejauh mana progres. Dari perbaikan jalur atau jalan menuju Tempat Pemungutan Suara Pemilu 2024.

"Selama ini kita bertindak sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada. Sebab, penyelesaian masalah ini berhimpitan dengan kewenangan institusi lain," ujarnya Kamis 1 Februari 2024.

BACA JUGA: Akses Jalan Sulit Dilewati, BPBD Beri Perhatian 4 TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal

Plt Kasubag DPUPR Wilayah III Prasetiyo menyatakan untuk target pentyelesaian jalur secara keseluruhan memakan waktu 60 hari kerja. Sementara untuk lokasi longsoran yang tidak bisa dilalui ada 2 titik, dengan target penyelesaian H - 2 atau sebelum tanggal 14 Frebuari 2024.

Menurut Wawan, yang ditangani di jalur tersebut terdapat 5 titik longsoran. Namun yang paling parah ada 2 lokasi.

Sebelumnya, BPBD bersama KPU sempat melakukan tinjauan lapangan terkait adanya akses jalur menuju TPS yang sulit dilalu

Kalak BPBD, Ellya Hidayah menyatakan pihaknya sempat menggelar rapat bersama KPU sebeluim meninjau lokasi. 

BACA JUGA: Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka 2 Gelombang

"Setidaknya ada 4 TPS khusus yang mendapat perhatian karena sulitnya akses jalan. Di mana 3 TPS ada di Sankanjaya Balapulang dan 1 TPS Mekarsari Dukuhtengah Bumijawa," ungkapnya. 

Pihaknya juga memberikan apresiasi pada institusi yang telah merespon cepat perbaikan jalur. Serta diharapkan bisa mendukung kemudahan warga sekitar dan perangkat penyelenggara pemilu menjalankan tugasnya di hari pemungutan suara Pemilu 2024. (*)

Sumber: