5 Cara Hadapi DC Pinjol yang Paksa Tanda Tangan Surat Janji Bayar, Pahami Dulu Hal Ini

5 Cara Hadapi DC Pinjol yang Paksa Tanda Tangan Surat Janji Bayar, Pahami Dulu Hal Ini

5 cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini membahas 5 cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar. Ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai debitur meskipun gagal bayar.

Cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar ini untuk menghindari risiko penipuan dari oknum yang mengatasnamakan layanan. Apalagi seringkali menargetkan orang-orang yang menunggak cicilan.

Selain itu, cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar ini bisa membantu Anda lebih memahami hak sebagai konsumen. Terlebih jika menjadi debitur pada layanan pinjol legal OJK.

Berikut 5 cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

5 cara hadapi DC pinjol yang paksa tanda tangan surat janji bayar

Cara mengatasi DC pinjol yang menagih hutang ini sebenarnya bisa dilakukan tanpa perlu kabur. Namun sebagian besar debitur galbay sudah keburu takut didatangi oleh petugas.

BACA JUGA : 4 Trik Bebas dari Hutang Pinjol Paling Aman Tanpa Keluar Aturan dan Dikejar DC

Jika saat ini posisi Anda sedang gagal bayar, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Terutama jika ditagih atau didatangi debt collector untuk menandatangani surat janji bayar.

1. Pahami hak dan kewajiban

Anda harus memahami tiap hak dan kewajiban yang Anda miliki selaku konsumen atau debitur pinjol. Sebelum menandatangani perjanjian pinjaman, pastikan Anda sudah benar-benar paham akan isi dari surat tersebut.

Mulai dari ketentuan bayar, bunga, denda, biaya tambahan, sanksi, dan sebagainya. Hal ini penting untuk dipahami agar hak Anda sebagai konsumen tidak dilanggar dan dilindungi oleh undang-undang.

2. Verifikasi hutang

Langkah kedua untuk mengatasi DC pinjol yang menagih hutang yaitu lakukan verifikasi dulu. Anda bisa meminta kepada petugas bukti secara tertulis soal jumlah hutang dan rincian lainnya. 

BACA JUGA : 3 Tempat Pinjam Uang Selain Pinjol Tanpa Ada DC ke Rumah dan BI Checking, Simak Selengkapnya

Sumber: