Perbaikan Jalan di Kabupaten Tegal Bakal Digarap Sebelum Lebaran 2024, DPUPR Janji Hal Ini

Perbaikan Jalan di Kabupaten Tegal Bakal Digarap Sebelum Lebaran 2024, DPUPR Janji Hal Ini

PERBAIKAN JALAN- Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Tegal Sudarso memberikan keterangan terkait perbaikan jalan di Kabupaten Tegal. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Perbaikan jalan di Kabupaten Tegal bakal digarap sebelum Lebaran 2024. Hal ini seperti harapan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal yang berupaya agar sebelum Hari Raya Idul Fitri, sejumlah ruas jalan yang rusak harus sudah diperbaiki.

Perbaikan jalan di Kabupaten Tegal yang bakal digarap sebelum Lebaran 2024 itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan masyarakat seperti. Seperti diungkapkan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Tegal Sudarso.

Menurutnya, DPUPR mengawali kegiatan perbaikan jalan di Kabupaten Tegal tahun ini dengan menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB). Namun, kendala yang dialami saat percepatan pekerjaan, yakni Detail Engineering Design (DED) yang baru dianggarkan di tahun ini. 

“Idealnya, sudah dianggarkan di tahun sebelumnya. Paling tidak dianggarkan di perubahan APBD tahun lalu,” kata Sudarso, Rabu 31 Januari 2024 terkait perbaikan jalan di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Tuntut Perbaikan Jalan di Pantura Kabupaten Tegal, Warga Ngadu ke DPRD

Selain soal RAB, kendala aturan baru dari Kementerian DPUPR juga belum turun sampai sekarang. Hal itu tentunya memperlambat proses penyusunan RAB untuk perbaikan jalan di Kabupaten Tegal.

Sudarso berharap, aturan baru itu segera turun, sehingga bisa mempercepat proses penyusunan RAB. 

“Cuaca juga masih belum mendukung. Hujan lebat masih turun, sehingga saat dilakukan perbaikan, akan cepat rusak,” ucapnya. 

Walau demikian, Sudarso mengaku akan tetap berupaya agar perbaikan jalan di Kabupaten Tegal digelar sebelum Lebaran 2024. Jalan yang rusak bisa segera diperbaiki. 

BACA JUGA: Mayoritas Warga Minta Perbaikan Jalan dan Penambahan PJU, Sugono: Jadi Prioritas

Terkait perbaikan jalan di Kabupaten Tegal, dia sedikit terbantu dengan pengambilalihan kewenangan pengelolaan jalan ke provinsi. Salah satunya Jalan Slawi-Jatinegara yang sebelumnya dikelola Pemkab Tegal, sekarang statusnya menjadi jalan provinsi.

“Kami akan berupaya untuk mempersiapkan administrasi lebih cepat, sehingga pekerjaan juga bisa segera dilaksanakan. Semoga sebelum Lebaran, jalan-jalan yang rusak sudah diperbaiki. Jika terpaksa belum ada perbaikan, akan dipasang rambu-rambu peringatan,” tutupnya. (*)

Sumber: