7 Cara Merawat Smart TV Agar Awet dan Tahan Lama, Jauhkan dari Tempat Berdebu dan Atur Suhu Ruangan

7 Cara Merawat Smart TV Agar Awet dan Tahan Lama, Jauhkan dari Tempat Berdebu dan Atur Suhu Ruangan

Cara Merawat Smart TV dengan Baik--

Cara merawat smart TV selanjutnya yaitu dengan mematikan TV ketika tidak digunakan. Meskipun sederhana mematikan TV ketika tidak digunakan merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga televisi tetap awet.

4. Bersihkan TV Secara Rutin

Pastikan jika kamu membersihkan layar TV dengan menggunakan kain microfiber yang lembut. Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus agar layar TV tetap bersih dan bersihkan hingga sela-sela TV serta lubang ventilasinya.

Hal tersebut harus dilakukan agar debut tidak menumpuk dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Selain itu juga membersihkan debut akan membuat TV tidak overheat.

5. Jauhkan TV dari Magnet dan Ponsel

Ketika menonton televisi, pastinya kamu tidak bisa jauh dari handphone dan menggunakannya dekat dengan TV. Padahal kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang buruk.

Hal tersebut bisa terjadi karena gelombang elektronik pada smartphone bisa menganggu performa smart TV. Selain smartphone, magnet yang berdekatan dengan TV pun bisa mengubah layar yang biasa menjadi biru atau kehijauan pada sisi tertentu.

BACA JUGA: Harga Mulai Rp2 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Xiaomi, Teliti Sebelum Membeli

6. Menggunakan Stabilizer

Untuk menjaga smart TV agar tetap awet kamu juga perlu memperhatikan daya. Daya listrik yang tidak stabil akan beresiko merusak komponen pada bagian dalam televisi.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka kamu bisa memasang stabilizer listrik agar data listriknya tetap stabil. Alat tersebut akan berfungsi untuk menjaga kestabilan arus tegangan yang nantinya akan masuk ke barang elektronik seperti televisi.

7. Mengatur Suhu Ruangan

Selain meletakkan TV jauh dari debu, kamu wajib untuk meletakkan televisi jauh dari sinar matahari. Cara ini dilakukan agar TV dapat terhindar dari komponen yang menjadi mudah rusak.

Selain itu, sinar matahari juga bisa membuat tampilan layar menjadi kusam. Jadi kamu harus mengatur suhu ruangan dengan baik.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Smart TV 43 Inch Terbaik 2024 Mulai Rp3 Jutaan, Cocok untuk Ruang Keluarga Minimalis

Sumber: