Gandeng Disdukcapil, KTP-el Bagi Pensiunan Disiapkan BKPSDMD Brebes

Gandeng Disdukcapil, KTP-el Bagi Pensiunan Disiapkan BKPSDMD Brebes

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi BKPSDMD Brebes Darmawan Adinugroho saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Disdukcapil Brebes dalam memberikan KTP-el ke pensiunan PNS.(istimewa)--

RADAR TEGAL Menggandeng Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) memberikan KTP-el bagi pensiunan. Khususnya kepada 83 PNS yang masuk masa pensiun.

Penyerahan KTP-el bagi pensiunan itu dilakukan oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, Rabu 31 Januari 2024 di Pendopo Brebes.

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi BKPSDMD Brebes Darmawan Adinugroho menyampaikan, selama ini masih banyak PNS yang sudah pensiun tidak langsung mengganti status. Mereka tidak memiliki KTP-el bagi pensiunan.

Dengan landasan itu, kata dia, menjadikan KTP-el bagi pensiunan sebagai trobosan yang dilakukan dengan sendirinya.

BACA JUGA: Masuk Masa Pensiun, 83 PNS di Brebes Otomatis Terima KTP-el dan BPJS Pensiun

“Sama halnya dengan BPJS Kesehatan, ketika masuk TMT pensiun maka status kepesertaannya juga otomatis berhenti, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kami fasilitasi perubahan status kepesertaan BPJS-nya,” ujarnya.

Sebelumnya, 83 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes masuk masa pensiun. Puluhan PNS yang mendapatkan KTP-el pensiunan itu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) Februari dan Maret. Puluhan PNS itu terdiri dari staf hingga eselon II.

“Sesuai TMT 1 Februari dan 1 Maret nanti total ada 83 PNS di lingkungan Pemkab Brebes yang masuk masa pensiun,” ujarnya.

Adi menyebutkan, ke 83 PNS yang masuk masa pensiun TMT Februari dan Maret di antaranya, satu orang pejabat eselon II. Kemudian, satu orang pejabat eselon III. Empat orang pejabat eselon IV.

BACA JUGA: Pemilu Kurang dari 2 Bulan, 33.126 Pemilih Pemula di Brebes Belum Rekam KTP-el

Selanjutnya 23 orang pelaksana atau staf, 50 orang tenaga kependidikan. Kemudian, tiga orang tenaga kesehatan dan satu orang tenaga fungsional lainnya.

“Untuk pejabat eselon II masa pensiunnya itu TMT 1 Februari dan eselon III TMTnya per 1 Maret,” jelasnya.

Seperti diketahui, pejabat eselon II yang masuk masa pensiun adalah Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Drs. Zaenudin, MSi. Sedangkan pejabat eselon III yakni Sekretaris DP3KB Kabupaten Brebes Dra. Rini Pujiastuti.

Terpisah, Kabid Pemanfaatan Dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Gunarso menyambut baik adanya kerjas ama tersebut. Menurutnya, langkah pemberian KTP-el bagi pensiunan tersebut sebagai upaya mempermudah layanan kepada para pensiunan PNS.

Sumber: