Bantuan Keuangan Rp25,4 Miliar Disalurkan ke Pemdes di Pekalonga, Pj Gubernur Ingatkan Hal Ini

Bantuan Keuangan Rp25,4 Miliar Disalurkan ke Pemdes di Pekalonga, Pj Gubernur Ingatkan Hal Ini

SIMBOLIS- Penyerahan bantuan keuangan yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng 2024 itu secara simbolis dilakukan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. -Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bantuan keuangan senilai Rp25,4 miliar kepada pemerintah desa yang ada di Kabupaten Pekalongan disalurkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Selasa 30 Januari 2024.

Penyerahan bantuan keuangan yang bersumber dari APBD Provinsi Jateng 2024 itu secara simbolis dilakukan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. Bantuan tersebut diterima sejumlah perwakilan kepala desa di Aula Sekretariat Kabupaten Pekalongan.

"Bantuan keuangan ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Jangan sampai ada permasalahan di kemudian hari," kata dia.

Nana meminta kepada seluruh kepala desa yang telah menerima bantuan keuangan agar menggunakannya sesuai peruntukkannya. Ia mengingatkan agar tidak melakukan penyimpangan yang berakibat pada pelanggaran hukum.

BACA JUGA: CAIR! 7 Parpol di Pemalang Terima Bantuan Keuangan 2023, Nominal Bankeu Naik 100 Persen

Nana menambahkan, guna mencegah adanya segala bentuk penyimpangan pengelolaan bantuan keuangan yang mengalir ke pemerintah desa, maka pengawasan dari kepolisian, Kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun semakin diperketat.

"Bantuan ini betul-betul di bawah kendali dari masing-masing kepala desa. Saya minta bantuan keuangan ini digunakan semaksimal mungkin untuk masyarakat," tandasnya. 

Nana menjelaskan, bantuan keuangan digunakan untuk peningkatan sarana prasarana perdesaan yang tersebar di 104 titik. Di antaranya pembangunan jalan desa, saluran irigasi, maupun perbaikan sarana umum lain. 

"Terutama sarana prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kami berharap dana itu betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: