DC Pinjol Menagih di Hari Minggu, Emang Boleh? Ini Aturan Baru Penagihan Utang

DC Pinjol Menagih di Hari Minggu, Emang Boleh? Ini Aturan Baru Penagihan Utang

DC Pinjol Menagih di Hari Minggu, Emang Bolee?-ekonomi-radar tegal

RADAR TEGAL - DC pinjol menagih di hari Minggu merupakan fenomena yang mengundang pertanyaan akan etika dan praktik pinjaman daring. Hari Minggu, saatnya istirahat dan keluarga, tapi DC Pinjol tetap beroperasi. Apakah ini mengindikasikan praktik yang tidak bermoral?

DC pinjol menagih di hari Minggu menyiratkan kegentingan finansial yang memaksa penagihan di hari libur. Namun, apakah ini seharusnya alasan untuk mengganggu waktu istirahat?

Peristiwa DC pinjol menagih di hari Minggu, menimbulkan pertanyaan tentang perlindungan konsumen dan kebutuhan akan regulasi yang lebih ketat. Apakah langkah pemerintah dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini?

Debt collector atau penagih utang sering kali menjadi momok bagi para peminjam yang memiliki tunggakan. Tak jarang, debt collector melakukan penagihan dengan cara-cara yang tidak lazim dan bahkan melanggar hukum. Salah satunya DC pinjol menagih di hari Minggu, yang merupakan hari libur nasional.

BACA JUGA: Mengetahui Batas Pinjol dalam Menagih Utang, Cegah Penagihan yang Tidak Etis terhadap Nasabah

Pertanyaannya, apakah debt collector boleh menagih di hari Minggu?

Jawabannya, tidak boleh.

Dasar Hukum

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2023 tentang Tata Cara Penagihan Kredit atau Pembiayaan oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan. Peraturan ini mengatur tata cara penagihan kredit atau pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga keuangan, termasuk penagihan yang dilakukan oleh debt collector.

Pasal 62 ayat 2 Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2023 menyebutkan bahwa:

Pelaku usaha jasa keuangan wajib memastikan penagihan hanya dilakukan pada hari Senin sampai dengan Sabtu di luar hari libur nasional dari pukul 08.00 sampai dengan 20.00 waktu setempat.

Jadi, berdasarkan peraturan tersebut, debt collector hanya boleh menagih utang pada hari Senin sampai dengan Sabtu, tidak termasuk hari Minggu.

BACA JUGA: Yang Aman-aman Aja, Ini Dia Alternatif Pinjaman Online yang Bebas dari Ancaman

Alasan Tidak Boleh

Sumber: https://m.cobisnis.com/