Hujan Disertai Angin Kencang, Dua Pohon Tumbang di Ruas Jalan Brebes-Jatibarang

Hujan Disertai Angin Kencang, Dua Pohon Tumbang di Ruas Jalan Brebes-Jatibarang

Hujan disertai angin kencang kembali terjadi di Brebes. Dua pohon tua di ruas Jatibarang-Brebes tumbang, akibatnya akses lalulintas sempat terganggu. Namun tim dari BPBD, Damkar dan Kepolisian langsung mengevakuasi pohon tersebut.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur wilayah Kabupaten Brebes, Kamis 25 Januari 2024. Dua pohon tumbang di ruas jalan Brebes-Jatibarang. Akibatnya, akses ruas jalan sekitar pukul 18.30 WIB sempat terganggu.

Salah seorang warga, Rum mengatakan, dua pohon yang tumbang itu usianya sudah tua. Kedua pohon itu tumbang setelah wilayah tersebut sempat diguyur hujan yang disertai angin kencang.

Akibat robohnya dua pohon itu menyebabkan arus lalu lintas terganggu. Beruntung, tak lama berselang tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes langsung meluncur jntuk mengevakuasi.

Sehari sebelumnya, puluhan rumah di dekat wilayah perkotaan Brebes rusak disapu angin kencang, Rabu 24 Januari 2024 lalu. Kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir Kecamatan Brebes.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Berjam-jam, Rumah Warga di Brebes Rusak Akibat Tergerus Longsor

Hujan yang disertai angin kencang ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dengan durasi cukup lama, sekitar 30 menit. Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes masih melakukan pendataan dampak kerusakan.

Data yang dihimpun di lapangan, angin kencang merusak puluhan rumah rumah di tiga desa, di antaranya Desa Sigambir, Pagejugan, dan Kedunguter. Dampak kerusakan terparah terjadi di Desa Sigambir.

Selain merusak puluhan rumah, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon besar dan baliho caleg di wilayah perkotaan Brebes. Pohon tumbang bahkan menutup jalur pantura Jalan Pantura dan terjadi kemacetan arus lalu lintas. 

Perangkat Desa Sigambir Kasidi mengatakan, saat ini pemerintah desa hingga Rabu malam masih melakukan pendataan kerusakan rumah akibat angin kencang. Namun pihaknya memastikan, dari data sementara yang dihimpun, ada puluhan rumah yang rusak, termasuk rumah dirinya. Kerusakan rumah akibat angin kencang ini mayoritas terjadi di bagian atap. 

BACA JUGA: Hujan 30 Menit, Puluhan Rumah di Wilayah Perkotaan Brebes Rusak Diterjang Angin Kencang

"Kita masih melakukan pendataan. Kalau kejadiannya tadi sekitar pukul 16.00 saat hujan besar disertai angin kencang," pungkasnya.(*)

Sumber: