Pinjol Hanya Boleh Lakukan 4 Hal Ini Saat Menghubungi Kontak Darurat, Gak Boleh Nagih Hutang

Pinjol Hanya Boleh Lakukan 4 Hal Ini Saat Menghubungi Kontak Darurat, Gak Boleh Nagih Hutang

4 hal yang boleh dilakukan pinjol saat menghubungi kontak darurat-freepik-

RADAR TEGAL – Pinjol tidak bisa melakukan hal sembarangan saat menghubungi kontak darurat. Ada aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh semua layanan pinjaman online yang sudah terverifikasi OJK.

Aturan baru tentang pinjol yang menghubungi kontak darurat ini juga sesuai SE Nomor 19/SEOJK.05/2023 dalam BAB XII tentang ‘Konfirmasi Penggunaan Kontak Darurat’. Biasanya, kontak darurat ini akan dihubungi ketika si peminjam ada gagal bayar.

Tidak hanya aturan soal pinjol yang menghubungi kontak darurat, peminjam atau nasabah yang mendaftarkan nomor darurat ini tidak bisa sembarangan. Ia harus mendapatkan izin atau persetujuan dari pemilik nomor untuk digunakan sebagai kontak darurat.

Berikut 4 hal yang hanya boleh dilakukan pihak pinjol saat menghubungi kontak darurat. Jika sampai melanggar, bisa ada sanksi tertentu.

Apa itu kontak darurat pinjol?

Kontak darurat ini biasanya akan disetorkan saat ada seseorang yang mengajukan pinjaman online. Kontak darurat jadi salah satu syarat yang wajib diisi agar pengajuan pinjaman bisa disetujui.

BACA JUGA : 7 Kerjaan Sampingan Ini Bisa Bantu Bayar Hutang Pinjol yang Hasilnya Bisa Setara UMR

Peminjam bisa menyertakan nomor orang terdekatnya untuk dijadikan kontak darurat. Namun, tentu saja si peminjam harus izin lebih dulu kepada pemilik nomor terkait hal itu.

Nanti biasanya pihak pinjol akan menghubungi kontak darurat saat si peminjam gagal bayar dan tidak responsif. Saat menghubunginya pun, tidak bisa sembarangan asal menagih hutang dan sebagainya.

4 hal yang hanya boleh dilakukan pihak pinjol saat menghubungi kontak darurat

Kontak darurat jadi alternatif yang bisa dihubungi oleh pihak pinjol ketika peminjamnya tidak responsif. Adapun aturan terbaru soal kontak darurat pinjol ini yang wajib dipatuhi penyedia layanan. Hal ini agar tidak mengganggu privasi si pemilik nomor darurat.

1. Pinjol hanya boleh menghubungi kontak darurat untuk meminta konfirmasi soal keberadaan si peminjam yang galbay. Tidak bisa dijadikan sebagai kontak untuk menagih hutang si peminjam.

BACA JUGA : Segera Hapus Data Pinjol Setelah Lunas agar 5 Hal Ini Tidak Terjadi, Privasi Bisa Bocor Loh

2. Aturan penggunaan kontak darurat pinjol berikutnya ini harus mendapatkan konfirmasi dan persetujuan dari pemilik nomor, yang menyatakan bahwa nomornya digunakan sebagai kontak darurat pinjaman online.

Sumber: