5 Risiko Nekat Pinjam di Banyak Aplikasi Pinjol, yang Gaji UMR Mending Jangan Deh

5 Risiko Nekat Pinjam di Banyak Aplikasi Pinjol, yang Gaji UMR Mending Jangan Deh

5 risiko nekat pinjam di banyak aplikasi pinjol-freepik-

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa ada 5 risiko jika nekat pinjam di banyak aplikasi pinjol? Apalagi jika Anda termasuk salah satu orang yang hanya memiliki pendapatan pas-pasan tiap bulannya.

Pinjam di banyak aplikasi pinjol memicu banyak risiko yang bisa merusak kondisi keuangan Anda. Bukannya terbantu berkat uang pinjaman tersebut, justru Anda hanya akan menanggung hutang yang tidak ada habisnya.

Risiko pinjam di banyak aplikasi pinjol ini juga sudah diperingatkan oleh OJK. Pihak OJK sendiri sudah membatasi bahwa tiap pengguna setidaknya hanya menggunakan 3 aplikasi pinjaman online.

Mengapa demikian? Berikut pembahasannya beserta 5 risiko yang terjadi jika nekat pinjam di banyak aplikasi pinjol. Bagi yang gajinya UMR, lebih baik pikir ulang lagi untuk ajukan pinjaman.

OJK membatasi penggunaan lebih dari 3 pinjol

Beberapa waktu lalu, OJK membuat sejumlah aturan baru soal pinjaman online. Mulai dari suku bunga, biaya denda, termasuk batasan seseorang menggunakan aplikasi pinjol.

BACA JUGA : Nasabah Galbay Sering Terjerat 5 Modus Penipuan Joki Pinjol yang Merugikan Ini

Berdasarkan dari aturan SEOJK No.19/SEOJK.06/ 2023, menerangkan bahwa penyelenggara kegiatan pendadaan harus memperhatikan sejumlah hal, seperti kepentingan perlindungan konsumen.

Penyelenggara kegiatan pendanaan juga tidak dibolehkan melakukan pendanaan yang tidak sehat. Maksudnya berarti yang tidak menggunakan syarat ketentuan, manfaat ekonomi, dan denda yang tidak wajar untuk penerima dana.

Tidak hanya itu, pendanaan tidak sehat yang dimaksud juga termasuk yang tidak memperhatikan kemampuan membayar penerima dana, maupun pendanaan yang diterima dana lebih dari 3 penyelenggara. Hal ini tujuannya agar meminimalisir risiko galbay.

5 risiko nekat pinjam di banyak aplikasi pinjol

Anda harus tahu sejumlah dampak buruk yang terjadi jika mengajukan banyak pinjaman di banyak aplikasi pinjol. Baik itu pada pinjaman yang legal maupun ilegal.

BACA JUGA : 5 Tempat Pinjam Uang Selain Pinjol Tanpa BI Checking dan Cepat ACC 2024, Syaratnya Mudah Kok

1. Suku bunga dan biaya tambahan

Sumber: