Perbedaan Air Cooler dan AC, Kira-kira Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan?

Perbedaan Air Cooler dan AC, Kira-kira Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan?

Perbedaan Air Cooler dan AC--

RADAR TEGAL – Jika memasuki musim kemarau, udara di luar atau pun di dalam ruangan akan terasa sangat panas dan gerah  sehingga banyak masyarakat yang menggunakan air cooler atau AC. Meski sama-sama mendinginkan ruangan, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan.

Lalu, apa perbedaan air cooler dan AC? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini yah yang akan mengulas keduanya.

Dengan mengetahui perbedaan air cooler dan AC, maka Anda jadi lebih mengetahui mana yang lebih Anda butuhkan untuk penggunaan sehari-hari. Jadi, risiko Anda salah beli bisa berkurang.

Jangan lupa untuk mencocokan besar ruangan dengan alat pendingin yang akan Anda beli, ya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai perbedaan air cooler dan AC, maka simak ulasan ini lebih lanjut, ya.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler, Apakah Worth It Dibeli Dibandingkan dengan AC?

Perbedaan Air Cooler dan AC

1. Dari segi pengertian air cooler dan AC

Perbedaan air cooler dan AC yang pertama bisa Anda lihat dari pengertian produknya, ya. Air conditioner (AC) merupakan sebuah barang elektronik yang berfungsi untuk menyejukkan udara, mengontrol suhu udara, kelembapan ruangan, kemurnia, dan pergerakan udara di ruang tertutup.

Sedankan air cooler merupakan peranngkat yang digunakan untuk mendinginkan udara yang terdapat disebuah ruangan tertutup atau terbuka. Alat yang satu ini bekerja dengan menarik udara panas melalui bantalan yang lembap dan mendinginkan udara pada saat air menguap.

Dari pengertian di atas, tentu Anda jadi  lebih mengetahui cara kerja kedua produk tersebut bukan? Sudah terlihat bukan perbedaannya.

2. Perakitan perangkat

Jika Anda membeli produk AC, umumnya penjual akan menawarkan jasa pemasangan AC di  rumah. Sebab, Anda membutuhkan jasa profesional untuk bisa mengatur tempat perangkat tersebut di pasang.

BACA JUGA: Kenali 6 Penyebab AC Mati Sendiri, Jangan sampai Akhirnya Benar-benar Rusak

Apa lagi jika terdapat perintilan seperti selang dan kipas yang mungkin saja Anda tidak paham letaknya jika memasangnya sendiri. Namun, hal ini tentu bereda dengan pemasangan air cooler, ya.

Air cooler tidak membutuhkan jasa pemasangan profesional untuk perakitannya. Sehingga Anda bisa memasangnya sendiri dengan bantuan buku panduan atau guidelines. Pemasangan air cooler pun tergolong lebih mudah dan tidak rumit.

3. Cara kerja air cooler dan AC

Perbedaan air cooler dan AC berikutnya  yakni terletak pada cara kerjanya. Pada air cooler, cara kerjanya serupa dengan kipas angin. Hanya saja,  perangkat penyejuk ruangan ini justru menghasilkan keluaran udara yang mengandung uanng air dan suhunya lebih dingin dibandingkan dengan kipas angin.

Sedangkan cara kerja AC mirip dengan kulkas atau  freezer. Itu sebabnya perangkat ini  dapat menyerap udara panas yang terdapat disekelilingnya. Jadi, ketika udara panas mulai berpindah, maka udara  dingin akan keluar untuk menggantikannya.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler, Apakah Worth It Dibeli Dibandingkan dengan AC?

Hal inilah yang menyebabkan AC disebut sebagai alat pendingin ruangan. Karena dalam proses mendinginkannya perangkat tersebut bersifat kering.

4. Daya listrik air cooler dan AC

Kira-kira manakah yang lebih hemat, air cooler atau AC? Diketahui, ir cooler 80% menghabiskan daya listrik dibanding air conditioner. Hal ini disebabkan perangkat penyejuk ruangan tersebut hanya menggunakan listrik untuk menggerakan satu kipas saja.

Sedangkan AC akan membutuhkan daya listrik lebih banyak untuk pemakaiannya. Hal tersebut karena listrik digunakan untuk menggerakan 5 bagian penting yang ada di dalam perangkat pendingin udara tersebut, yakni compressor, fan, evaporator, condenser, serta expansion valve.

5. Suhu terendah antara air cooler dan AC

Meskipun kedua produk ini sama-sama mendinginkan ruangan, namun Anda harus tahu salah satu perbedaan air cooler dan  AC yakni dalam konteks suhu terendah itu.

BACA JUGA: Ketahui Cara Setting AC Sharp supaya Hemat Listrik, Dijamin Tagihan Tidak Membengkak

Untuk produk AC, suhu ruangan terdingin atau terendah ada di 16 derajat celcius. Anda juga bisa mengatur suhu yang disesuaikan dengan keinginan.

Sedangkan untuk air cooler, tidak memiliki pengaturan seperti AC. Namun, suhu terdingin yang bisa dicapai yakni capai 5 derajat celcius.

Demikian ulasan mengenai perbedaan air cooler dan AC. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: