Data Pribadi Disebar Pinjol Ilegal? Siapkan 3 Hal Ini untuk Melaporkan Mereka

Data Pribadi Disebar Pinjol Ilegal? Siapkan 3 Hal Ini untuk Melaporkan Mereka

3 hal yang harus disiapkan jika data pribadi disebar pinjol ilegal-freepik-

RADAR TEGAL – Apakah data pribadi Anda disebar oleh pinjol ilegal? Maka Anda perlu menyiapkan 3 hal untuk bisa melaporkan oknum tersebut.

Data pribadi disebar pinjol ilegal ini cukup sering terjadi kepada para debitur yang gagal bayar. Bahkan, tidak galbay pun juga bisa berisiko datanya disebar ke publik sampai disalahgunakan untuk tujuan tertentu.

Cara melaporkan data pribadi yang disebar pinjol ilegal ini harus benar. Tujuannya, agar laporan Anda bisa segera diproses oleh pihak berwajib.

Maka dari itu, siapkan 3 hal ini untuk melaporkan data pribadi yang disebar pinjol ilegal. Pastikan Anda mengikuti tiap poin di bawah ini agar oknum penyebar tersebut jera.

Data pribadi disebar pinjol ilegal

Bukan hal yang asing lagi jika pinjaman online ilegal sering menyebarkan data pribadi peminjamnya. Apalagi jika si peminjam gagal bayar cicilan sesuai kesepakatan.

BACA JUGA : 5 Tempat Pinjam Uang Selain Pinjol Tanpa BI Checking dan Cepat ACC 2024, Syaratnya Mudah Kok

Mereka akan menyebarkan data pribadi peminjamnya sampai si peminjam melunasi hutang-hutangnya. Data pribadi tersebut bisa disalahgunakan untuk mengajukan pinjaman dan dijual ke pihak lain.

Bahkan, data pribadi ini bisa digunakan untuk tindak kriminal yang tentu berisiko fatal bagi pemiliknya. Maka jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Hal yang harus disiapkan

Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda siapkan untuk melaporkan penyebaran data pribadi yang dilakukan oleh pinjol ilegal. Hal ini untuk mendukung laporan Anda agar segera diproses, sehingga Anda mendapatkan tindak lanjut lebih cepat.

1. Simpan bukti transaksi dan komunikasi

Jika data pribadi disebar pinjol ilegal, Anda harus menyimpan bukti transaksi yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya dengan pihak tersebut. Bukti ini mencakup isi kontrak pinjaman, surat pernyataan, dan bukti bayar.

BACA JUGA : Gak Bakal Didatangi, Ini 3 Fakta tentang Pinjol Ilegal yang Sering Bikin Salah Paham

Sumber: