Razia Tilang Knalpot Brong di Kabupaten Tegal Mulai Diaktifkan

Razia Tilang Knalpot Brong di Kabupaten Tegal Mulai Diaktifkan

TINDAK LANGSUNG - Razia tilang knalpot brong yang terus dimasifkan Polres Tegal jelang kampanye terbuka--

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal mulai mengaktifkan kembali razia dan penindakan langsung pengguna knalpot brong yang masih berkeliaran di kawasan Kabupaten Tegal. Itu merupakan upaya lainnya, setelah sosialisasi berikut deklarasi dilakukan.

Razia tilang itu dilakukan untuk mewujudkan wilayah zero knalpot brong yang belum lama ini dideklarasikan. Selain itu, juga untuk menciptakan suasana kondusif selama kampanye terbuka Pemilu 2024.

Menurut Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakum melalui Kasat Lantas AKP Wendi Andarui, penerjunan personil di lapangan untuk razia tilang, guna mewujudkan Kabupaten Tegal Zero Knaklpot Brong. Menjelang agenda kampanye terbuka Pemilu 2024. 

"Menjelang pelaksanaan tahapan kampanye terbuka Satlantas Polres Tegal secara masif melakukan penindakan tilang. Terhadap pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot brong atau yang tidak sesuai spesifikasi teknis," ujarnya Sabtu 20 Januari 2024.

BACA JUGA: Razia Knalpot Brong di Kabupaten Tegal Tak Hanya untuk Umum, Anggota Polres Juga Dicek

Menurutnya, sesuai dengan perintah Kapolda Jateng, setiap hari Satlantas Polres Tegal melakukan penindakan berupa tilang. Kepada pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot brong. 

"Hal itu, mendasari pasal 285 ayat 1 UU 22/2009. Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," cetusnya.

Kasat Lantas menegaskan, pihaknya telah menyita sementara kendaraan. Serta knalpot tidak standar itu, sampai dengan nanti pelanggar melaksanakan sidang. 

"Masyarakat Kabupaten Tegal, kami imbau untuk tidak menggunakan Knalpot tidak standar pada kendaraannya. Terlebih lagi pada saat nanti pelaksanaan kampanye terbuka, tanpa adanya kebisingan di jalan imbas penggunaan knalpot brong," ungkapnya.

BACA JUGA: Maklumat Larangan Penggunaan Knalpot Brong Kapolda Jateng Disebar di Kabupaten Tegal

Razia tilang terhadap knalpot brong tidak hanya dilakukan Satlantas. Kegiatan tersebut dibantu dari personel Satsamapta untuk memback up kegiatan hunting system. 

Kasatsamapta AKP Surahno S.H., M.H menambahkan pihaknya siap membantu Satlantas dalam melakukan penindakan penggunaan knalpot Brong. Dengan personel Satsamapta untuk back up Satlantas yang melakukan penindakan. 

"Kami menerapkan buddy sistem dalam razia tilang knalpot brong. Agar kegiatan penindakan dapat berjalan aman dan lancar," tegas Kasat Samapta. (*)

Sumber: