Bahaya Menggunakan Air Cooler untuk di Kamar Tidur, Waspadai Dampak untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Menggunakan Air Cooler untuk di Kamar Tidur, Waspadai Dampak untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. Ini beberapa efek bahaya air cooler untuk di kamar tidur--

RADAR TEGAL - Salah satu cara paling efektif untuk melewati musim kemarau yah panas adalah menggunakan air cooler dan paling enak digunakan saat tidur, karena bikin ruangan jadi sejuk tidur pun jadi nyenyak. Namun dibalik itu tahukah Anda bahaya menggunakan air cooler untuk di kamar tidur, apalagi dampaknya untuk kesehatan juga loh.

 

Air cooler memang memiliki keunggulan penggunaan listriknya lebih sedikit yang tentunya dapat membantu Kamu lebih berhemat dalam jangka panjang. Akan tetapi ternyata ada juga bahaya menggunakan air cooler untuk di kamar tidur yang mesti Anda ketahui.

 

Seperti diketahui air cooler bekerja dengan menggunakan kipas untuk meniupkan udara yang lebih panas ke dalam tangki air, lalu air tersebut akan menguap dan mengeluarkan suhu dingin setelahnya. Tapi ternyata terdapat bahaya menggunakan air cooler untuk di kamar tidur.

 

Bahaya menggunakan air cooler di kamar tidur akan dibahas di bawah ini supaya Kamu lebih paham. Tentunya seperti alat elektronik lainnya air cooler juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

BACA JUGA:Cara Membuat Air Cooler Lebih Dingin, Mudah Banget Diterapkan di Rumah Sehari-hari

Bahaya Menggunakan Air Cooler di Kamar Tidur

Meskipun efektif untuk menghilangkan suhu udara yang panas, air cooler dapat meningkatkan kelembaban di area yang sudah lembab, sehingga dapat menyebabkan penumpukan jamur. Jamur ini dapat memicu berbagai reaksi alergi atau masalah pernapasan.

 

Terlebih lagi kelembaban yang berlebihan dapat memperburuk jika Anda memiliki penyakit asam dan bisa menyebabkan hidung tersumbat. Akan tetapi jika Anda menggunakan air cooler secara benar tidak akan terjadi penyakit pada pneumonia.

 

Oleh karena itu jika tidak ingin terjadi alangkah baiknya pastikan tangki air pada air cooler harus tetap bersih. Pasalnya air di dalam tangki air cooler inilah yang menjadi tempat kuman maupun virus berkumpul yang membawa penyakit, karena pada dasarnya udara yang dikeluarkan dari air cooler tentunya akan dihirup oleh orang di dalam ruangan maupun kamar tidur tersebut.

 

Lebih lanjut, penggunaan air cooler secara berlebihan juga berdampak buruk pada tenggorokan lebih cepat kering. Karena tenggorokan kering jangka panjangnya bisa menimbulkan batuk- batuk, gatal tenggorokan.

BACA JUGA:Spesifikasi AC Portable Honeywell Air Cooler TC10PM, Pendingin Ruangan Hemat Listrik yang Ramah di Kantong

Alangkah baiknya, Anda menggunakan air cooler secara bijak dan tidak terlalu berlebihan, akan lebih baik jika Anda menyeimbangi menggunakan air purifier penyaring. Karena agar bisa menyaring jamur, maupun virus bakteri yang terjadi karena kelembaban tangki air maupun kelembaban udara di ruangan atau kamar tidur akibat penggunaan air cooler.

 

Demikian informasi yang bisa kami rangkum terkait bahaya menggunakan air cooler untuk di kamar tidur untuk dampak kesehatannya. Sekian (*)

Sumber: