Pemberian Imunisasi Polio di Desa Laren Kabupaten Brebes Sasar 1.284 Anak

Pemberian Imunisasi Polio di Desa Laren Kabupaten Brebes Sasar 1.284 Anak

IMUNISASI Camat Bumiayu bersama TPKK dan Kades Laren memantau pelaksanaan pemberian imunisasi Polio di Desa Laren Kecamatan Bumiayu--

RADAR TEGAL - Guna mengantisipasi penyebarannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Puskesmas Kaliwadas Kecamatan Bumiayu melakukan pemberian imunisasi polio kepada seribuan anak di desa Laren. Itu, dilakukan dalam rangka Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024. 

Pemberian imunisasi polio hari ketiga pelaksanaan dilaksanakan di Desa Laren yang menjadi wilayah sasaran. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu 17 Januari 2024.

Menurut Kepala Puskesmas Kaliwadas Sri Mulyani, Polio merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan kelumpuhan atau kecacatan seumur hidup. Karenanya, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh Virus Polio ini, Dinas Kesehatan melakukan pemberian vaksin dalam program Pekan Imunisasi Polio bagi anak 0-7 tahun.

"Pemberian imunisasi polio kali ini merupakan hari ke tiga pelaksanaan. Setelah sebelumnya digelar di Desa Kaliwadas dan Desa Kalilangkap. Adapun jumlah sasaran sebanyak 1.284 anak,"jelas Sri.

BACA JUGA: Dinkes Brebes Mulai Lakukan Pemberian Vaksin Polio

Menurut Sri, Puskesmas Kaliwadas membawahi tujuh wilayah kerja, yakni Desa Kaliwadas, Pruwatan, Laren, Pamijen, Kalisumur, Kalinusu dan Kalilangkap. Nantinya, Sub PIN Polio 2024 akan dilaksanakan secara bertahap di seluruh desa wilayah kerja Puskesmas Kaliwadas.

"Untuk pelayanan, selain di Kantor Desa maupun Posyandu, kita juga akan lakukan sweeping. Agar seluruh usia sasaran PIN Polio dapat terjangkau,"jelasnya.

Karenanya, kata Sri, pihaknya berharap masyarakat tidak khawatir akan adanya efek samping pemberian vaksin polio pada anak. Sebab, sejauh ini belum terdapat kasus efek samping akibat vaksinasi polio yang diberikan dalam bentuk tetes secara gratis tersebut.

"Orang tua tidak perlu khawatir. Karena vaksinasi polio cenderung lebih aman dari terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) polio,"tegas kata Sri.

BACA JUGA: 212.547 Anak di Brebes Jadi Sasaran Pemberian Vaksin Polio Serentak, Selama 2 Pekan

Sri menambahkan, Virus Polio sangat menular dan dapat menyebar ketika makanan terkontaminasi oleh feres. Serta bisa juga melalui lalat yang dapat secara pasif memindahkan Virus Polio dan feres ke makanan.

"Gejala Polio yang dirasakan antara lain semangat menurun, nyeri tungkai, kelelahan, pusing atau sakit kepala. Kemudian demam dan mual atau muntah," urainya.

Camat Bumiayu Cecep Aji Suganda, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Karena telah melaksanakan pemberian vaksin melalui program Pekan imunisasi Polio.

"Harapannya, semoga anak-anak bisa tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit polio. Karenanya kami menyampaikan terimakasih," ucapnya saar memantau pelaksanaan Pekan Imunisasi di Aula Kantor Desa Pruwatan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bumiayu dan Kades Laren.

Sumber: