212.547 Anak di Brebes Jadi Sasaran Pemberian Vaksin Polio Serentak, Selama 2 Pekan

212.547 Anak di Brebes Jadi Sasaran Pemberian Vaksin Polio Serentak, Selama 2 Pekan

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 212.547 anak di Kabupaten Brebes menjadi sasaran pemberian vaksin polio oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Hal ini menyusul temuan penyebaran polio di Klaten, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengatakan, pihaknya Senin 15 Januari mendatang akan melakukan pemberian vaksin polio kepada anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan. Di mana, target sasaran mencapai 212.547 anak.

"Kurang lebih selama dua pekan mulai tanggal 15 Januari nanti kita akan melakukan serentak pemberian vaksin polio kepada 212.547 anak yang menjadi sasaran pemberian vaksin polio," ujarnya, Selasa 9 Januari 2024.

Ineke menyebutkan, 15 Januari 2024 hingga dua pekan itu merupakan putaran pertama pemberian vaksin polio. Sedangkan untuk putaran kedua yakni akan dilaksanakan pada 5 Februari 2024 mendatang hingga dua pekan ke depan.

BACA JUGA: Kasus Polio di Jawa Tengah Kembali Mencuat, Anak Usia 0-7 Tahun Kini Wajib Vaksin

"Satu minggu kita melakukan pemberian vaksin polio. Dan sisanya akan kami akan lakukan sweeping (pelacakan, Red) bagi anak yang belum mendapatkan vaksin polio," jelasnya.

Pemberian vaksin polio tersebut, lanjut Ineke, akan dilakukan di beberapa tempat. Pertama, yakni dilakukan di posyandu-posyandu serta di sekolah yang ada di Kabupaten Brebes.

"Karena itu tadi, sasarannya dari usia nol sampai tujuh tahun sebelas bulan. Jadi, kami lakukan pemberian vaksin polio di posyandu dan sekolah-sekolah. Jadi, sasarannya balita dan anak sekolah," lanjutnya.

Hingga saat ini, Ineke menegaskan di Brebes sendiri belum ada laporan terkait temuan terkait anak terkena polio. Namun, memang pemberian vaksin polio ini dilakukan di dua provinsi yakni, Jateng dan perbatanasan Jatim.

"Target kami pemberian vaksin polio ini mencapai sembilan puluh lim persen dari 212.547 anak yang menjadi sasaran," pungkasnya. (*)

Sumber: