Dewan Minta Tebing Tanggul Sungai Pedes Brebes Segera Diperbaiki, Antisipasi Bencana

Dewan Minta Tebing Tanggul Sungai Pedes Brebes Segera Diperbaiki, Antisipasi Bencana

Debit sungai meningkat, tebing sungai di Sungai Pedes longsor. Akibat longsor itu, dapur rumah milik saah seorang warga rusak.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hujan deras yang mengguyur Brebes selatan beberapa waktu lalu mengakibatkan tanggul tebing Sungai Pedes Brebes rusak. Bahkan, kerusakan itu membuat dapur salah satu rumah di dekat sungai rusak akibat longsor 

Mengenai tebing Sungai Pedes Brebes yang rusak, Anggota Komisi II DPRD Brebes Mustholah menyampaikan, wilayah Brebes selatan seperti di Kecamatan Paguyangan, Bumiayu, Sirampog dan Tonjong saat ini rawan terjadinya bencana alam. Seperti banjir bandang, tanah longsor dan bencana tanah bergerak. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan.

“Karena itu kami minta jangan sampai ada oknum yang melakukan perambahan hutan maupun melakukan penambangan,” ujarnya.

Seperti diketahui, hujan deras mengguyur wilayah Brebes barat beberapa waktu lalu. Akibatnya, debit air Sungai Pedes meningkat dan mengakibatkan tebing tanggul Sungai Pedes Brebes longsor. Bahkan, akibat longsor itu sebuah rumah di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong rusak diterjang longsor.

BACA JUGA: Tebing Longsor di Tegal, 1 Rumah di Desa Rembul Rusak

Koordinator Satgas PB BPBD Brebes Pos Aju Bumiayu Budi Sujatmiko menyampaikan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terjadi sejak pukul 14.00 WIB hingga petang tadi. Hal ini mengakibatkan satu rumah di Dukuh Satir Desa Kutamendala rusak akibat longsor.

“Rumah yang rusak akibat longsor mikik bapak Waluyo (65). Rumah bagian dapur rusak akibat longsor,” ujarnya.

Selain merusak bagian dapur rumah milik Waluyo, hujan deras juga mengharuskan 2 Kepala Keluarga (KK) mengungsi. Yakni, keluaga bapak Waluyo (dua jiwa, Red) dan kekuarga Tahrod (60) (tiga jiwa, Red).

"Kalau untuk keluarga bapak Waluyo ngungsi ke saudara. Sedangkan keluarga bapak Tahrod mengungsi ke rumah ana knya," jelasnya.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Berjam-jam, Rumah Warga di Brebes Rusak Akibat Tergerus Longsor

Selain mengakibatkan rumah Waluyo, sedikitnya ada enam rumah yang juga terancam terdampak longsor. Karena, keberadaan enam rumah itu dekat sengan sungai.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati dalam beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan, mengingat cuaca tidak menentu dan terkadang cukup ekstrim,” tutupnya.

Demikian informasi terkait tanggul Sungai Pedes Brebes yang mengalami kerusakan. Semoga pemerintah segera turun untuk melakukan penanganan. (*)

Sumber: