7 Penyebab Mesin Suzuki APV Boros Bahan Bakar, Begini Solusinya Agar Bisa Lebih Hemat BBM

7 Penyebab Mesin Suzuki APV Boros Bahan Bakar, Begini Solusinya Agar Bisa Lebih Hemat BBM

Dengan melakukan langkah perawatan ini, pemilik Suzuki APV dapat mengurangi penyebab mesin Suzuki APV boros bahan bakar. --

Solusi

Untuk mengatasi masalah konsumsi bahan bakar yang tinggi pada mobil Suzuki APV, perlu adanya langkah-langkah perawatan yang teratur:

  • 1. Servis rutin

Melakukan servis rutin secara berkala dapat membantu menjaga kondisi mesin tetap prima. Dengan pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi berpengalaman, masalah potensial dapat diidentifikasi dan diatasi sebelum merugikan performa mesin.

BACA JUGA: Beda Dengan Generasi Sebelumnya, Performa Suzuki APV 2024 Mampu Melaju di Tanjakan Kemiringan 15 Derajat

  • 2. Bersihkan filter udara

Filter udara perlu dibersihkan secara rutin, setidaknya setiap 10.000 kilometer. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar aliran udara ke mesin tetap lancar dan mencegah penurunan efisiensi.

  • 3. Ganti filter bensin

Ganti filter bensin setiap 20.000 kilometer guna mencegah kotoran mencapai mesin. Langkah ini akan menjaga suplai bahan bakar tetap bersih dan optimal.

  • 4. Ganti busi secara rutin

Busi perlu diganti setiap 40.000 kilometer untuk memastikan api yang dihasilkan tetap optimal. Dengan busi yang bersih dan berfungsi baik, pembakaran akan lebih efisien.

  • 5. Gunakan oli mesin yang sesuai

Ganti oli mesin setiap 5.000 kilometer dan pastikan jenis oli yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin Suzuki APV. Oli mesin yang tepat akan membantu menjaga kinerja mesin secara optimal.

BACA JUGA: Benarkah Perawatan Suzuki APV Matic Lebih Mahal dari Transmisi Mesin Manual? Harga Olinya Bisa Buat DP Mobil

  • 6. Cek sistem injeksi

Pemeriksaan berkala terhadap sistem injeksi oleh teknisi yang berpengalaman sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa suplai bahan bakar ke mesin berjalan dengan akurat.

  • 7. Ubah cara berkendara 

Mengubah gaya berkendara menjadi lebih halus, dengan menghindari akselerasi mendadak, dapat membantu mengurangi tekanan pada mesin dan mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

  • 8. Kurangi beban yang berlebihan

Membawa beban yang sesuai dengan kapasitas mobil sangat penting. Hindari membawa penumpang atau barang yang tidak diperlukan untuk mengurangi tekanan pada mesin.

Kesimpulan

Dengan melakukan langkah perawatan di atas, pemilik Suzuki APV dapat mengurangi penyebab mesin Suzuki APV boros bahan bakar. 

BACA JUGA: Suzuki APV Arena 2024 Makin Elegan dengen Penyegaran Eskterior Baru, Spesifikasinya Hampir Setara MPV Premium

Sumber: