7 Cara Melunasi Utang Pinjaman Online, Pastikan Keluar dari Zona Nyaman

7 Cara Melunasi Utang Pinjaman Online, Pastikan Keluar dari Zona Nyaman

Cara Melunasi Pinjaman Online--pinterest

3. Hemat Pengeluaran Sebisa Mungkin

Selama berupaya melunasi utang, penting untuk mengurangi pengeluaran sebanyak mungkin. Berarti kamu perlu menghindari pengeluaran yang tidak penting, menghindari pembelian impulsif, dan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. 

4. Buat Anggaran Keuangan

Cara melunasi utang pinjaman online berikutnya yaitu, kamu bisa membuat anggaran keuangan yang jelas dan realistis. Anggaran ini akan membantu mengatur pendapatan dan pengeluaran dengan lebih baik.

Pastikan untuk mengalokasikan pendapatan kamu untuk melunasi utang, sementara itu kamu tetap memenuhi kebutuhan pokok dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu yaa.

BACA JUGA: 7 Cara Pinjol Legal Mengelola Data Nasabahnya, Segera Laporkan Jika Ada Pelanggaran Privasi

Dengan mengikuti cara anggaran tersebut, kamu akan memiliki panduan yang jelas tentang berapa banyak yang dapat dialokasikan setiap bulan untuk pelunasan utang.

5. Hubungi Pemberi Pinjaman

Kelima, mungkin kamu bisa bernegosiasi denga penyedia pinjol. Sedikit pinjol yang bersedia untuk bernegosiasi tentang jadwal pembayaran atau bahkan mengurangi sebagian utang, jika kamu dapat membayar sejumlah tertentu dalam satu kali pembayaran. 

Cukup kasih tahu masalah yang sedang kamu hadapi dengan pernyataan yang jujur, sampai pihak pinjol bisa menerima kesusahan mu, sehingga akan dimudahkan.

6. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika kamu sudah menghemat pengeluaranmu, mungkin bisa dengan mempertimbangkan untuk mencari tambahan. Seperti mencari pekerjaan paruh waktu, freelance, atau mengejar mengembangkan hobi dan bakatmu demi mendapatkan uang. Tujuannya untuk menambah uang, sehingga bisa melunasi utang.

BACA JUGA: Ada 7 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif dan Ampuh, Solusi Nasabah Galbay dari Teror Debt Collector

7. Gunakan Dana Darurat

Terakhir, bisa gunakan cara melunasi utang pinjaman online dengan memiliki dana darurat. Penting untuk kamu memiliki dana darurat, yang bisa dibutuhkan kapanpun. pertimbangkan untuk menggunakannya untuk melunasi utang pinjol dengan bunga tinggi. 

Sumber: