Lunasi Hutang Pinjol Lebih Cepat dan Bayar Sekian Bulan Sekaligus Bikin Rugi? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Lunasi Hutang Pinjol Lebih Cepat dan Bayar Sekian Bulan Sekaligus Bikin Rugi? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus bisa bikin rugi ?-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini mengulas apakah lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus justru bikin rugi atau tidak. Hutang pinjaman online memang seringkali membuat finansial terganggu semakin hari.

Lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus ternyata memiliki beberapa kerugian dan kelebihan. Biasanya opsi pelunasan lebih cepat ini menimbulkan sejumlah keraguan pada beberapa peminjam.

Tidak sedikit juga yang berpikiran lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus menjadi solusi yang paling tepat. Sebab, khawatir saat sudah tanggal bayar justru tidak memiliki uang untuk membayar tagihannya.

Berikut ulasan apakah lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus bikin rugi atau tidak, beserta kelebihan dan kekurangannya. Pastikan Anda menyimak sampai akhir artikel.

Lunasi hutang pinjol lebih cepat dan bayar sekian bulan sekaligus ?

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika melakukan pelunasan cepat pinjol yang bisa Anda pertimbangkan. Jika dilihat dari sisi kelebihannya, tentu hutang Anda jadi lebih cepat terbayarkan.

BACA JUGA : 5 Cara Sederhana Mengatasi HP Disadap Pinjol Ilegal agar Data Tidak Dicuri

Anda juga tidak perlu pusing akan biaya tambahan seperti denda yang akan dibebankan. Selain itu, skor kredit Anda tetap aman jika hutang sudah dilunasi sebelum jatuh tempo.

Di sisi lain, adapun kekurangan dari opsi pelunasan cepat pinjol yang harus Anda ketahui. Pertama, adanya biaya suku bunga yang mungkin lebih besar dibebankan kepada Anda. 

Sebab, Anda melunasi hutang dalam beberapa kurun waktu sekaligus. Tentu hal ini bisa menekan kondisi keuangan Anda.

Kekurangan kedua yaitu tetap bayar bunganya. Risiko membayar pinjol terlalu cepat justru membuat tagihan makin banyak karena harus dibayar sekaligus.

Tiap layanan pinjol sebagian besar akan menghitung suku bunga nasabahnya sampai akhir, meskipun nasabahnya melakukan pelunasan cepat.

BACA JUGA : 5 Pinjol Limit Tinggi Bisa Cair Hingga Puluhan Juta Tanpa Jaminan

Hal ini berarti nasabah harus membayar pinjaman pokok plus bunga yang sudah disepakati pada awal perjanjian.

Sumber: