Kesulitan Utang Piutang? Ini 5 Cara Melunasi Pinjol Tanpa Membayar, Nasabah Galbay Tidak Perlu Khawatir

Kesulitan Utang Piutang? Ini 5 Cara Melunasi Pinjol Tanpa Membayar, Nasabah Galbay Tidak Perlu Khawatir

Cara Melunasi Pinjol Tanpa Membayar--pinterest

Maka dari itu, jangan coba-coba mengambil utang baru sebelum hutang lainnya terlunasi. Sehingga hutang tidak semakin membengkak.

3. Hubungi Perusahaan Pinjol

Cara melunasi pinjol tanpa membayar yang ketiga, kamu bisa berkomunikasi dengan pihak perusahaan pinjol itu sendiri. Kemungkinan mereka bisa untuk bekerja sama dengan nasabah untuk menengahi masalah keuangan kamu.

Seperti restrukturisasi pinjaman, penundaan pembayaran, atau pembayaran secara bertahap.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol lewat OJK, Manfaatkan 3 Programnya Agar Segera Lepas dari Jeratan Utang

4. Cek Status Perusahaan Pinjol

Keempat, kamu bisa untuk mengecek layanan pinjol ilegal atau legal saat hendak mengambil pinjaman. Jangan sampai memilih pinjol yang tidak jelas, pastikan untuk memilih pinjol resmi yang terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sedangkan, apabila kamu sudah mengecek dan ternyata perusahaan pinjol yang digunakan ilegal, maka kamu bisa terbebas dari utang pinjol tanpa bayar sepeserpun. Namun, ada syarat yang kamu lakukan yaitu harus melaporkan perusahaan pinjol tersebut ke pihak berwajib seperti OJK, Satgas Waspada Investasi, maupun kepolisian.

Kamu harus lapor disertai bukti kuat bahwa pinjol yang digunakan memang ilegal dan pernyataan yang jelas, maka utang kamu bakal dihapus dan tentunya tidak perlu membayarnya lagi.

5. Konsolidasi Utang

Terakhir, cara melunasi pinjol tanpa membayar bisa kamu pertimbangkan dengan opsi konsolidasi hutang apabila kamu memiliki beberapa utang pinjol yang sulit dikelola. Dengan cara menggabungkan beberapa utang menjadi satu dengan suku bunga yang lebih rendah, yang dapat membantu mengurangi beban pembayaran.

BACA JUGA: 7 Cara Melunasi Pinjol Tanpa Membayar dengan Cepat dan Ampuh, Beda dari yang Lainnya

Sedikit informasi, bahwa pinjol ilegal beroperasi tidak menggunakan aturan OJK. Mulai dari minimal suku bunga, kejelasan identitas perusahaan, cara penagihan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, jika tidak ingin terlilit hutang piutang kamu harus bisa memilih pinjol yang benar. Namun, jika kamu sudah terlanjur bisa gunakan cara melunasi pinjol tanpa membayar di atas.

Sumber: