Cara Bebas dari Hutang Pinjol Legal dan Ilegal, Aman dari Teror dan Kejaran Debt Collector

Cara Bebas dari Hutang Pinjol Legal dan Ilegal, Aman dari Teror dan Kejaran Debt Collector

4 cara bebas dari hutang pinjol legal dan ilegal-freepik-

Membuat anggaran keuangan ini akan lebih memudahkan Anda mengalokasikan uang-uang Anda untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk pembayaran hutang.

3. Hindari pinjol ilegal

Cara terbebas dari hutang pinjaman online yang paling tepat, yaitu dengan tidak menggunakan pinjol ilegal.

Ada beberapa risiko yang terjadi jika meminjam di pinjol ilegal. Mulai dari suku bunga yang tinggi, biaya tambahan tersembunyi, praktik penagihan tidak beretika, sampai penyalahgunaan atau penyebaran data pribadi.

Namun, Anda bisa saja bebas dari hutang pinjol tanpa perlu bayar dengan melaporkan platform ilegal tersebut ke otoritas berwajib. 

Misalnya jika mereka melakukan penyalahgunaan dan melakukan tindakan teror atau ancaman, maka Anda bisa melaporkannya. Nantinya, Anda tidak perlu membayar hutang yang tersisa.

BACA JUGA : Meski Galbay, 3 Praktik Penagihan Hutang DC Pinjol Ini Bisa Nasabah Laporkan ke OJK

4. Melaporkan pelanggaran yang dilakukan

Baik itu pada platform pinjol legal atau ilegal, Anda bisa melaporkan ke pihak berwajib jika terbukti memang ada pelanggaran yang mereka lakukan.

Tidak hanya pinjol ilegal, ada beberapa pelanggaran pinjol legal OJK yang bisa saja terjadi dan nasabah berhak melaporkannya. Entah itu praktik penagihan hutang diluar aturan OJK, pelanggaran privasi nasabah, dan sebagainya. 

Anda bisa melaporkan pelanggaran pinjol legal ini ke OJK, Satgas Waspada Investasi OJK, maupun kepolisian terdekat. 

Kesimpulan

Ada 4 cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari hutang pinjaman online. Mulai dari menggunakan jasa pelunasan pinjol, mengatur anggaran, menghindari pinjol ilegal, dan melaporkan pelanggaran yang dilakukan penyedia layanan.

Itulah 4 cara bebas dari hutang pinjol legal dan ilegal yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: