6 Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Nomer 5 Jarang Disangka Orang

6 Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Nomer 5 Jarang Disangka Orang

6 Bahaya Penggunaan Air Fryer Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?6 Bahaya Penggunaan Air Fryer Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?--

RADAR TEGAL- Saat ini, air fryer tengah populer sebagai perangkat masak yang memberikan alternatif sehat dibandingkan dengan metode penggorengan konvensional. Namun tidak dipungkiri, tetap ada bahaya air fryer untuk kesehatan.

Air fryer pada dasarnya bukanlah perangkat yang secara intrinsik berbahaya untuk kesehatan. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yang bisa membuat penggunaan air fryer menjadi berpotensi berbahaya untuk kesehatan jika tidak digunakan dengan benar. Jadi bahaya air fryer untuk kesehatan tetap harus diwaspadai.

Sama seperti dengan alat masak lainnya, Anda perlu memperhatikan cara penggunaan Air fryer agar bahaya air fryer untuk kesehatan tidak pernah terjadi kepada Anda. Lalu, apa saja bahayanya?

Berikut adalah beberapa bahaya air fryer untuk kesehatan yang perlu kita waspadai dalam penggunaannya. Simak di bawah ini:

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Begini Cara Merawat Air Fryer supaya Lebih Awet

Bahaya air fryer untuk kesehatan

1. Pemakaian Minyak yang Tidak Sehat

Beberapa orang menggunakan air fryer sebagai alternatif untuk memasak tanpa minyak atau dengan sedikit minyak. Namun, jenis minyak yang digunakan tetap memiliki dampak pada kesehatan.

Pemakaian minyak yang tidak sehat dalam air fryer dapat menjadi faktor berbahaya bagi kesehatan. Meskipun air fryer dikenal sebagai alat yang mengurangi penggunaan minyak, jenis minyak yang Anda pilih tetap memiliki dampak pada kualitas nutrisi makanan yang dimasak.

Beberapa minyak yang tinggi lemak jenuh atau mengandung asam lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya. Penggunaan minyak yang tidak sehat, seperti minyak kelapa yang tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jadi bahaya air fryer untuk kesehatan yang pertama justru dari penggunaan minyaknya ya. Selama yang digunakan tidak sehat maka hasil makanan yang diolah tetaplah tidak sehat.

BACA JUGA: Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Sebaiknya Hindari Melakukan Hal Ini

2. Bahan Non-Stick yang Berbahaya

Beberapa air fryer dilengkapi dengan lapisan non-stick yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti PTFE (Polytetrafluoroethylene). Saat dipanaskan berlebihan, lapisan ini dapat melepaskan gas dan partikel yang dapat berdampak buruk pada kesehatan pernapasan dan dapat terkandung dalam makanan yang dimasak.

Sumber: