5 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi supaya Tetap Awet, Beneran Efektif dan Mudah Diterapkan!

5 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi supaya Tetap Awet, Beneran Efektif dan Mudah Diterapkan!

Cara Menghemat Batarai HP Xiaomi--

RADAR TEGAL – Xiaomi terkenal sebagai ponsel Android dengan kapasitas baterai yang besar dan tahan lama. Meskipun begitu, hingga kini masih banyak masyarakat mencari cara menghemat baterai HP Xiaomi, berikut penjelasannya.

Cara menghemat baterai HP Xiaomi tentunya akan bermanfaat membuat baterai lebih awet. Namun, tahukah Anda bahwa meskipun banyak produk ponsel yang mengklaim produknya memiliki daya tahan baterai tinggi. Namun hal itu tidak akan ada artinya apabila pengguna mengoperasikan banyak fungsi pada ponsel sekaligus, lho.

Melansir dari laman resminya, Xiaomi diketahui terus mengembangkan fitur baterai dari sisi efektivitas pengisian daya atau pun masa pakai baterai. Lalu, bagaimana cara menghemat baterai HP Xiaomi?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalamnya akan ada ulasan mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi.

BACA JUGA:Harga HP Nokia Android Murni Tanpa Iklan Terbaru 2024, Intip Spesifikasi dan Keunggulannya

Adapun informasi terbaru menyebutkan bahwa Xiaomi telah memperkenalkan fitur HyperCharger. Fitur ini memungkinkan pengisian daya lebih cepat dan kapasitas baterai lebih besar.

Dengan begitu, intensitas mengisi daya bisa Anda lakukan seminimal mungkin. Berikut ini cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa kita simak.

5 Cara menghemat baterai HP Xiaomi

1. Matikan Fitur Notifikasi dari Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

Tahukan Anda, notifikasi merupakan bagian terpenting dalam mengetahui pesan terbaru yang masuk. Namun terkadang, banyaknya notifikasi justru akan menguras daya baterai pada ponsel Anda, lho.

Karena, ponsel dari notifikasi secara otomatis akan tetap berjalan selama tidak dihapus. Jadi, ada baiknya Anda menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang tidak Anda gunakan, ya.

BACA JUGA: Alasan Kenpa HP Xiaomi Redmi 12C Dibanderol dengan Harga Murah jadi Makin Murah Jelang Akhir Tahun

2. Matikan Ponsel Ketika Tidak Dibutuhkan

Cara yang satu ini dianggap paling efektif untuk menghemat baterai. Anda bisa menerapkan cara ini ketika sedang tidur ataupun pada saat tidak ingin diganggu oleh siapa pun.

Selain itu, mematikan ponsel juga bisa Anda terapkan ketika sedang berada di wilayah dengan sinyal minim. Hal ini karena, apabila ponsel dibiarkan tetap menyala, maka ponsel akan terus mencari sinyal dan mengakibatkan daya baterai akan terkuras.

3. Copot Aplikasi Digital Wellbeing

Tahukah Anda bahwa salah satu alasan baterai Xiaomi menjadi kurang awet yakni karena aplikasi Digital Wellbeing. Hal ini karena, aplikasi tersebut menghasilkan aktivitas latar belakang yang secara tidak langsung bisa menghabiskan daya baterai.

Berikut cara uninstall atau mencopot Digital Wellbeing.

  • Buka ‘Settings’, lalu pilih ‘System App’.
  • Cari ‘Digital Wellbeing’ dan buka aplikasi tersebut.
  • Klik 'Disable' atau 'Uninstall'. Perintah ini tergantung dari seri HP Xiaomi yang kamu miliki.

BACA JUGA: Penyebab Aplikasi di HP Keluar Sendiri Beserta Cara Mengatasinya, Nomer 3 Sering Dicoba

4. Kurangi Penggunaan Fitur yang Tidak Penting

Cara menghemat baterai selanjutnya yakni kurangi penggunaan fitur yang tidak penting seperti kamera dan berbagai fitur konektivitas pada ponsel seperti WIFI, GPS, dan Bluetooth.

5. Matikan Fitur Auto Brightness 

Beberapa tipe ponsel Xiaomi diketahui sidah dilengkapi dengan fitur auto brightness. Fitur ini secara otomatis mengatur kecerahan layar sesuai intensitas cahaya yang diterima dari luas.

Meskipun membantu, fitur auto brughtness di sisi lain berkontribusi dalam menghabiskan baterai. Jadi, Anda bisa mematikan fitur tersebut apabila ingin menghemat baterai pada ponsel HP Xiaomi.

Karena dengan mematikan fitur auto brightness ponsel, Anda bisa menghemat baterai sebesar 10 persen per jam.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Digunakan Sama Sekali yang Ampuh, Bisa Coba Sendiri

Demikian ulasan mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: