Pinjam Uang di Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Selfie KTP, Aman ga Sih?

Pinjam Uang di Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Selfie KTP, Aman ga Sih?

Ilustrasi. Apakah bisa pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP?--Freepik

RADAR TEGAL-  Saat kebutuhan mendesak dan kesulitan mencari pinjaman, biasanya masyarakat mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol. Namun pertanyaan yang sering dipertanyakan apakah bisa pinjam uang di pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP?

 

Untuk menjawab pertanyaan terkait keamanan pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP, simak tulisan ini sampai akhir. Karena di dalamnya akan mengulas tentang pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP.

 

Dengan mengetahuinya, harapannya nasabah menjadi lebih tenang saat hendak mengajukan pinjaman. Termasuk saat berhubungan dengan pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP.

 

Lalu, bagaimana keamanan pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP? Berikut ulasannya.

 

BACA JUGA:Bahaya Pinjol Nunggak Setahun? Nasabah Wajib Lakukan Ini agar Tidak Galbay

 

Seperti kita ketahui pada umumnya sebagian besar platform pinjol memiliki persyaratan untuk mengajukan pinjaman, salah satunya yakni isi data pribadi, verifikasi wajah dan selfie KTP. Namun, bagaimana jika pinjam uang di pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP?

 

Padahal tujuan mengisi data diri, verifikasi wajah, selfie KTP ini supaya memastikan keaslian data peminjam. Kalau pinjam uang di pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP apakah terjamin keamanannya?

 

Meskipun kebanyakan platform pinjol menggunakan sistem verifikasi wajah dan selfie KTP, terdapat tawaran pinjaman uang di aplikasi pinjol yang justru tidak ada verifikasi wajah dan selfie KTP. Namun sebelum mengakukan pinjaman di sana, berikut hal yang harus diperhatikan:

 

1. Risiko keamanan

 

Saat mengajukan pinjaman uang di platform pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP ini dapat meningkatkan risiko keamanan. Kebijakan verifikasi wajah dirancang bertujuan melindungi calon peminjam dari potensi penipuan identitas.

BACA JUGA:Rekomendasi Pinjol Tanpa KTP Legal dan Aman Terpercaya, Bisa Langsung Cair

2. Ketidakpastian legalitas

 

Pinjaman pada platform pinjol tanpa menggunakan verifikasi wajah dan selfie KTP mungkin tidak mengikuti peraturan dan regulasi yang telah ditetapkan. Oleh hal ini dapat menciptakan ketidakpastian terhadap hukum terkait privasi data maupun perlindungan pada peminjam.

 

Menurut saran Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selalu hati-hati saat melakukan pengajuan pinjaman di pinjol dan alangkah baiknya memilih platform pinjol yang transparan. Selain itu harus memastikan mematuhi regulasi untuk menjaga keamanan data pribadi peminjam.

 

Oleh karena itu Anda alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu dan bisa membedakan mana pinjol legal maupun pinjol ilegal. Hal itu bertujuan agar Anda tidak terjebak dalam jeratan pinjol.

 

Selain itu jika memang sudah terlanjur mencairkan pinjaman di platform pinjol, harus diingat dan dicatat tanggal berapa masa jatuh tempo usahakan tepat waktu. Supaya nanti nama Anda tetap aman dan tidak masuk ke dalam blacklist SLIK OJK.

BACA JUGA:5 Platform Pinjol yang Tidak Perlu Verifikasi Wajah untuk Pengajuannya, Apa Saja?

Demikian ulasan pertanyaan mengenai pinjam uang di pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP emang bisa yah. Semoga membantu. (*)

Sumber: