Penyebab Warga +62 Banyak yang Terlilit Hutang Pinjol, Tidak Selalu Karena Kebutuhan Mendesak

Penyebab Warga +62 Banyak yang Terlilit Hutang Pinjol, Tidak Selalu Karena Kebutuhan Mendesak

Ilustrasi. Penyebab warga +62 terlilit hutang pinjol--

RADAR TEGAL- Fenomena masyarakat Indonesia saat ini hutang ke aplikasi pinjol nampaknya mulai menjadi suatu kewajaran. Penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol pun banyak macamnya.

Sayangnya, hal itu tidak selalu karena terdesak kebutuhan. Lalu apa saja penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol?

Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalamnya akan mengulas penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol.

Dengan mengetahui penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol, harapannya kita bisa melakukan antisipasi dengan tidak melakukannya. Berikut ini ulasannya.

BACA JUGA:5 Alasan Debt Collector Pinjol Tidak Datang ke Rumah, Nasabah Galbay Jangan Kelewat Santai

Saat ini banyak masyarakat terlilit hutang pinjol dan ada juga yang harus gali lobang tutup lobang, apa penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol?

Penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol kita akan bahas pada artikel kali ini beserta solusi agar terhindar dari hutang pinjol. Supaya kamu lebih paham dan tidak masuk ke dalam lubang pinjol.

 

Menurut Direktur Riset Center of Reform om Economies (Core) Pitter Abdullah, penyebab masyarakat warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol, karena tidak lepas dari situasi keadaan mendesak dan tidak ada tempat untuk berhutang. 

 

“Kalau orang Indonesia banyak kasus yang berhutang dikarenakan kondisi. Jadi, banyak yang berhutang ya itu karena banyak orang merasa terdesak dan kondisinya mereka tidak punya alternatif, tidak punya pilihan, tidak punya tempat berhutang, untuk tumpuan dia tuh nggak ada,” ungkapnya.

BACA JUGA:5 Bahaya Pinjol Ilegal OJK Paling Membuat Sengsara Nasabah, Jangan Pernah Main-main

Selain itu terdapat penyebab warga +62 banyak yang terlilit hutang pinjol, berikut daftar lengkapnya :

 

  • Latar belakang menengah ekonomi kebawah

  • Kebutuhan mendesak

  • Tekanan ekonomi

  • Membeli gadget baru

  • Memenuhi gaya hidup

  • Membayar biaya sekolah

  • Dana cair lebih cepat

  • Perilaku konsumtif

  • Untuk membayar hutang di tempat lainnya.

 

Lalu jika banyaknya warga +62 yang terlilit hutang pinjol, bagaimana solusinya agar terhindar masuk ke lubang pinjol? Yuk kita bahas di sini.

 

Perencana Keuangan OneShildt Agustina Fitria Aryani memberikan saran agar masyarakat jika ingin membeli sesuatu, sebaiknya menabung terlebih dahulu dan tidak perlu tergoda dengan tawaran pinjam uang di pinjol. 

 

Berikut ini solusi agar masyarakat tidak masuk ke lubang pinjol yang bisa Anda terapkan mulai sekarang juga:

  • Siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendadak, jadi meminimalisir berhutang

  • Atur keuangan setiap bulannya dengan baik dan stop membeli barang-barang yang tidak terlalu penting

  • Miliki BPJS Kesehatan karena penting untuk seluruh anggota keluarga agar suatu saat ada yang sakit tidak perlu bingung mencari pinjaman untuk membayar biaya pengobatan.

BACA JUGA:5 Solusi Tempat Peminjaman Uang Selain Pinjol Ilegal, Nomer 4 Kadang Potong Gaji

Demikian ulasan penyebab warga+62 banyak yang terlilit hutang pinjol dan beberapa solusi agar kamu tidak masuk ke dalam lubang pinjol. Semoga membantu. (*)

Sumber: